Selasa, 25 Agustus 2009

Masa Depan Adalah Sekarang

The future is now
by Vince Anderson


Slimmed-down boots, bolted-on crampons, and welded-
o
n mono point heelspurs are
Mengatur kaki pada bidang Mixed Climbing

Bautkan. mulai dengan membaut crampon anda secara langsung ke sepatu . Ini akan membuatmu ringan dan banyak alat akurat untuk pengaturan kaki yang efektif di bagian tebing yang butuh tehnik tersendiri. juga, ini metode lebih aman untuk mengaitkan crampoon pada sepatu daripada sistem pemasangan normal- sangat penting ketika anda mengayunkan dari taji bagian tumit. idealnya, crampoon anda harus punya rel horisontal dan vertikal frontpoint - beberapa produsen sekarang membuat crampoon dengan dudukan bolt-on di pikiran. Mulai dengan memindahkan palang penyesuaian, bail depan, dan penjepit bagian belakang penjepit. Lubang bor, jika tidak ada, ada di rel. Sekarang potong tapak kaki karet dari alas kaki anda dan jajarkan crampon anda pada posisi yang diinginka di sol bagian tengah. Tandai lubang baut, bor, kemudian bautkan/ sekrupkan pada crampon.
Ambil istirahat. Untuk ketepatan paling baik dan sabuk pada betis, bila anda membautkan crampon anda lebih lebar pointd epan lebih kecil dari yang anda gunakan untuk trad climbing. Ini akan meletakkan titik kontak semakin dekat ke jempol kaki kamu dan pusat kaki anda. Akan tetapi, hati-hati untuk tidak meninggalkan cukup poin menonjol untuk penterasi pada es yang cukup memadai - sekitar satu inchi lakukan saja.
Pacu diri.. Gunakan sebuah poin depan dari krampon lainnya dan dapatkan ini dipaterikan ke terbalik di bagian dudukan belakang, sehingga ini titik sebenarnya kebawah saat anda menggantung seperti kelalawar. Sekarang anda dapat merebut pengait pada tumit di beberapa tepian tebing dimana anda akan tercantol dengan sebuah kapak es. Anda dapat juga menghempaskan tumit anda ke es untuk memperoleh "stick ". Jika tepi tebing terlalu sempit untuk kedua ujung kapak dan taji tumit sepatu, anda dapat sering mencantelkan taji di peralatan es bagian bawah -. Perhatikan ini bisa sulit membuat jangkauan jauh sementara pada sebuah penyantolan tinggi untuk tumit - Jika anda harus membuat gerakan besar, turunkan tumit dan gantikan dengan tangan anda
Kibarkan bendera. Pada daerah overhang, kurang pegangan(point) dapat didikte lebih sedikit pilihan untuk penempatan kaki yang aman. Sering, memanjat dengan satu kaki di dan kaki yang “ berkibar” di udara untuk keseimbangan adalah metode paling efisien, seperti halnya pada sport climbing. Gaya memanjat dinamis ini bertentangan pada gaya yang lebih lambat, banyak metode konservatif digunakan pada pemanjatan es tradisional. Akan tetapi, anda akan bisa melalui lintasan yang butuh power dengan cepat, menghematkan pemakaian alat yang harus anda jangkau di permukaan tebing.
Kokoh . Tidak seperti memanjat dengan sepatu untuk tebing, sulit untuk "rasakan" menggenggam tepat dimana anda berdiri. Pergerakan paling tipis mungkin bisa menyebabkan point depan kamu terpeleset. Untuk membantu menjaga kaki anda aman, atur kemantapan/kekokohan, bahkan tekanan di pijakan/genggaman dan putar kaki kamu sekecil mungkin

Tidak ada komentar: