Minggu, 04 April 2010

Menggunakan 7 anggota tubuh pada Trad Climbing

Ini tujuh tips yang menunjukan pentingnya menjaga pikiran terbuka dan menggunakan apapun bagian tubuh, tak peduli bagaimana anda terlihat dihadapan orang

KEPALA
melintasi bagian roof dapat tersiksa dan aneh: kepala anda menyundul langit-langit, pantat keluar, dan tempat berpijak semua tampak sama dari ketinggian. Bisa saja anda dapat meringankan tangan anda dengan scumming bagian belakang kepala, leher, dan garis bahu menekan langit-langit dan tekan berlawanan kaki anda. banyak tergantung pada sudut roof dan pijakan, tetapi penekanan kepala sering berhasil untuk kompresi yang ekstrim.
Pemanjat-pemanjat juga menggunakan jamming kepala pada ukuran celah tak biasa. "sya menggunakan headjam/ face-smear kelompok untuk beristirahat sejenak saat memanjat di Maxilash, Vedauwoo 5.11a, " Kata Chris Weidner, pemanjat trad dari colorado. " pertama saya mengenakan helm saya, tetapi spade suatu titik hampir menggantung dari saya webbing pada dagu (chinstrap) tersangkut pada celah.


BAHU
Menekan dengan bahu juga sebuah kunci offwidth "hold" : " setelah Alex Honnold menyelesaikan monster offwidth - bagian dari free Rider, dinding Salathé, dan lain-lain. - dalam 15 menit, saya menjalani ini di toprope. . . setelah sejam-an, " kata Weidner, yang menekan bahunya ke tonjolan. " sekali saya aman, bahu kiri saya seperti terlepas, sama seperti pergelangan kaki saya dan lengan bawah.


SIKU
Siku ada bagian tubuh yang mengagumkan, tetapi di pegangan terakhir pada suatu sudut, ini dapat menjadi " penuntun" satu-satunya titik kontak. Membayangkan Lynn Hill, Scott Burk, Tommy Caldwell, and Beth Rodden di Nose' 5.14a Changing Corner (el Capitan) suatu versi dinding granit dari sebuah sudut yang menjorok ke dalam. Disini, Master El Capitan merapatkan ketiak melewati langkah pertama, menyiku, ke sudut yang tepat. Gagah, ya, dan namun tidak aman, tetapi dengan mencondongkan (dan membendung) dengan keras, pemanjat terlihat sperti "handhold sementara"


PINGGUL
Pinggul sangat membantu, kala mencoba melawan "barndoor" pada arĂȘte; bila mengangkat tubuh melewati tonjolan tebing. Memutar, anda dapat menggunakan pinggul anda dangan banyak cara, misal menekan bagian kecil "sisi pantat".


BOKONG
Pada celah chimney dan celah yang dalam diluar ukuran, bila anda mengganti ke gaya heel-toe , kemudian teman anda. Saya juga telah melihat pemanjat; bersandar menjalar pada tebing datar, bila mereka menemukan tebing atau tonjolan besar cukup menyandarkan satu atau kedua bokong. Bagian paling sulit adalah mengganti untuk duduk - walaupun anda dapat kadang-kadang mengunci tumit atau tumit depan ke arah dinding di bawah melawan goyangan.


LUTUT
Menekan dengan lutut adalah berita usang, tetapi merupakan trik yang bagus, khususnya untuk topout, menggunakan lutut anda pada pijakan, daripada langkah yang salah. Tempatan dengkul anda pada pijakan paling atas, kemudian ungkit lutut untuk mengangkat pinggul, bawa kaki bawah lebih tinggi dari anda, akhirnya, ganti dari kneehold ke foothold.


Kaki ke Atas
Pasti, kita semua menyukai menekan dengan jari kaki tetapi saya lebih mengusulkan sebuah gerakan yang membangun zona kaki yang sama (toebox top) tetapi dengan perbedaan penataan. Inilah caranya: cari pijakan besar, menonjol keluar; berdiri padanya. Sekarang, pindah ke posisi instepped (frogged-out) saat memutar ankle anda hingga kaki atas anda berganti menurun, toebox top anda menempel pada pijakan. Untuk kembali ke nyaman - lebih jauh anda bergerak, semakin sedikit anda memberatkan piton.


Tidak ada komentar: