Jumat, 29 Mei 2009

Istilah Climbing

Pemanjatan adalah kegiatan menggunakan satu tangan dan kaki (atau bagian lain dari tubuh) untuk naik ke sebuah benda menjulang ke atas. Hal ini dilakukan untuk rekreasi (untuk mencapai tempat yang tidak dapat diakses, atau untuk dinikmati sendiri) dan kerja profesional, sebagai bagian dari kegiatan seperti pemeliharaan struktur, atau operasi militer.

Climbing activities include: Climbing kegiatan meliputi:

  • Bouldering: memanjat tebing kecil, umumnya menggunakan dengan sepatu dan tkantung magnesium (chalkbag). Biasanya, selain menggunakan tali dari untuk keselamatan, cedera dihindari dengan menggunakan crash pad (matras) dan penjaga (untuk menghindari langsung jatuh pada pemanjat ke matras).
  • Buildering : Panjat Tebing bangunan - biasanya tanpa alat - alat yang biasa menghindari kenaikan seperti tangga dan Elevators. Buildering aspek dapat dilihat dalam gerakan seni yang dikenal sebagai Parkour.
  • Canyoning : Pemenjatan atau penelusuran atas jurang atau ngarai untuk olahraga atau rekreasi.
  • Competition Climbing : olahraga panjat kompetitif, biasanya dilakukan pada dinding buatan yang menyerupai batu alam sebenarnya. International Federation of Sport Climbing (IFSC) merupakan organisasi resmi lomba di seluruh dunia naik dan diakui oleh IOC dan GAISF dan merupakan anggota dari International Dunia Video Association (IWGA). . Kompetisi Panjat Tebing memiliki tiga disiplin utama; Lead Climbing, Bouldering dan Kecepatan.
  • Ice climbing: Memanjat es atau salju keras menggunakan peralatan yang dirancang khusus untuk tujuan, biasanya kapas es dan crampon. Beberapa peralatan pengamannya mirip dengan panjat tebing, walaupun bentuknya berbeda (misal; sekrup salju).
  • Mountain climbing (Mountaineering): Memanjat atau mendaki gunung untuk olahraga atau rekreasi. Ini umumnya melibatkan batuan atau es .
  • Net climbing : Memanjat sebuah struktur jaring yang terdiri dari beberapa tali baja yang saling menguatkan yang melekat pada tanah dan tiang-tiang baja. Ini biasanya dipakai pada permainan anak-anak untuk membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan pemanjatan dan keseimbangan.
  • Rock climbing : Memnajat tebing sebenarnya, pemanjatan umumnya menggunakan sepatu dan chalkbag. Peralatan seperti tali, baut, nuts, hexes dan alat penjepit (cams/freinds) biasanya dipakai, baik sebagai pengaman atau bantuan.
  • Rope access :Pemanjatan yang dilakukan biasanya untuk merawat bangunan-bangunan tinggi
  • Rope climbing : Memanjat dengan cara meniti tali, umumnyasekarang ini digunakan alat Ascender.
  • Tree climbing : memanjat pohon tanpa merusak mereka, dengan menggunakan tali dan peralatan lainnya. Namun kurang kompetitif dari kegiatan panjat tebing.

Tebing, tebing es, dan semua pohon, biasanya menggunakan tali untuk keselamatan atau bantuan. Pemanjatan-pemanjatan meniti tali (jummaring) yang pertama dimasukkan ke dalam asal modern gymnastics pada akhir abad 18 dan awal abad ke-19.

Dalam budaya populer

Pemanjatan telah diulas dalam banyak film populer, seperti Cliffhanger dan Mission: Impossible II, tetapi sering digambarkan oleh Hollywood dengan sembrono dalam film dan media. Kecuali film The Eiger Sanction dan Touching A Void. Olahraga panjat tebing yang telah berubah menggila pada akhir tahun 1990-an yang menyebabkan imej pemanjat tebing menjadi anti-perspiran dan perniagaan Angkatan Laut Amerika, dan bahan promosi universitas. Olahraga meniti tali yang pernah resmi adalah olahraga senam setelah dibukanya Olimpiade 1932. . Republik Ceko dan Perancis telah dibangkitkan dan kontes yang diselenggarakan di tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, seperti pusat perbelanjaan, serta di gym.

Tidak ada komentar: