Jumat, 04 September 2009

SEMI-DIRECT BELAY

Belaying
Belaying adalah salah satu teknik pemanjatan tebing. ini mengamankan pemanjat saat dia naik. ada teknik-teknik dan alat belay diperlukan untuk melakukan ini. memilih alat belay dengan dan metode yang benar adalah penting, sehingga keduanya, belayer dan pemanjat tidak akan
menghadapi berbagai kesulitan.

Meskipun ada banyak teknik membelay seseorang, kita akan fokus pada salah satu yang umum.
Semi-Direct Belay
Ini metode belaying paling umum digunakan. berisi empat bagian-bagian penting:

1. Buat sebuah anchor tunggal atau multiple-point menyamakan jangkar. langkah ini tidak selalu perlu bergantung pada berat pemanjat dan belayer, sama baiknya cara berpendirian belayer.

2. kemudian ikat ujung tali panjat ke harness anda. dengan melakukan ini, anda akan membuat loop.

3.cantolkan diri pada anchor, jika ada satu (mengacu pada langkah 1). Catat; bahwa sebagai belayer, anda harus terhubung pada anchor secara kencang dan sejajar dengan kea rah manapun beban.

4. kemudian cantolkan alat belay anda ke loop tadi. Alat sekarang siap untuk digunakan untuk metode semi-direct belaying.

Metode belaying ini disebut semi-direct sebagaimana banyak sekali beban pada sebuah fall yang dibebankan pada anchor dan belayer melalui alat belay, belay loop dan tali pada anchor. Pelengkap belayer dikaitkan pada anchor untuk memastikan bahwa belayer dapat dengan mudah mengunci laju tali dan mengatur tali ketika berada pada tegangnya tali

Tidak ada komentar: