Kamis, 10 Juni 2010

Hooking






















Hooking adalah tehnik pemanjatan pada aid climbing, hooking dilakukan dengan mencantolkan hook pada cacat batuan, misal flakes (rekahan), edge (tepi tebing yang datar namun berkuran kecil) dan lainnnya.

Pemanjat manapun yang telah banyak melakukan tehnik hooking dapat memberitahu anda ada sesuatu khusus yang tak dapat disangkal tentang menggantung dari sebuah pengaman baja seukuran kuku. apakah anda melakukan ini sekali atau seribu kali, thrill' sama.

tidak setiap tepian, flakes, atau lubang akan sama, anda butuh berbagai hook untuk keperluan pemanjatan. Jajaran hook standar terlihat seperti ini:

1 Cliffhanger (Black Diamond)

1 Hawk

2 talon (Black Diamond)

1 Hook ukuran menengah (Misal , Black Diamond Grappling atau the Pika Ibis

1 hook berukuran besar (Misal; Fish Captain Hook)

Susunan dasar ini akan membuat anda hampir meraih apa saja. Anda sering menghadapi seperti mundur kembali, jadi gandakan penggunaan hook. Talon (Black Diamond) terdiri dari tiga hook yang berbeda dibuat menyerupai tripod, jadi punya dua saja peralatan panjat anda pada dasarnya memberikan anda pengaman ganda pada tiga hook kecil.

Black Diamond -Talon


Racking. Sortir hook anda pada dua kelompok yang mirip dan bawa mereka di dua biner bandolier anda (alat untuk menggantungkan peralatan panjat yang diselempangkan pada bahu). Jangan pernah membawa semua hook anda pada satu biner.

Bila kamu mulai hooking, klipkan satu biner penuh dengan hook ke setiap aider (etrier) untuk durasi menyangkutkan seksi. ini meminimalkan pengaitan (klippng) dan melepaskannya, mengurangi kesempatan anda dari jatuh hook, dan memberikan anda bergerak secara efisien dari satu ke berikutnya.

Happy hooking. Sebelum anda mulai sesi hooking, dapatkan pengaman sebaik mungkin sebelum anda bergerak. Berikutnya, berdiri di anak tangga etrier teratas anda dan periksa apapun cacat batuan yang ada dalam jangkauan. Tentukan pilihan hook yang mana yang sesuai dengan cacat batuan. Anda akan menggunakan penempatan hook sebaik mungkin, sekalipun dangkal.
Bat Hooking. Lubang bat-hook - dangkal, bor/cungkil lubang sehingga bisa dicantolkan hook - biasanya menggantikan dowel (jenis pasak) atau rivet pada; pemanjatan big wall. Banyak pemanjat telah melakukan kecurangan untuk membantu gerakan hanya untuk menandai nanti dia telah melewati sebuah bat hook. Jaga pandangan anda untuk mengupas untuk lubang sangat kecil ini, khususnya di tempat yang yang terlihat kosong. Lihat dimana anda pikir anda akan mem-bor - inilah dimana anda biasanya menemukannya. Talon bekerja paling baik untuk lubang bat-hook.
Stepping Up. Jangan menghentak-hentak untuk mengetes penempatan hook! menerapkan terlalu banyak power dan hook dapat membengkok atau batu akan runtuh. Dengan hati-hati dan secara berangsur-angsur angkat tubuh anda ke hook. Bukan hal buruk anda melihat kea rah hook saat anda mengetesnya, tetapi kacamata pengaman berguna jika hook tercabut . Jika hook tidak terlepas setelah 10 detik, saya beri ini hentakan ringan dengan kaki saya. akhirnya, saya akan mendorong tubuh anda terhadap tebing dalam usaha membuat kemajuan apakah hook bekerja. Sekarang anda coba lihat apa yang dapat ditangani hook. ingat, bila berpindah dari satu hook ke lainnya, jaga berat di hook yang lebih rendah sampai anda siap mengaitkan pada penempatan baru. Jika anda telah tak membebani hook, ini mungkin terjatuh apakah anda siap atau tidak.
Metal Shop. Cliffhanger standar merupakan alat-alat terbaik untuk menyangkutkan (hooking) pada flakes yang tipis, tetapi versi "pointed" akan menggigit lebih baik di rekahan kecil. Anda dapat secara mudah meruncingkan ujung cliffhanger sampai ke sebuah titik tajam – hook pointed standar - atau anda dapat gunakan bagian penuh hook untuk merubah geometri hook sebelum membuat poin, menciptakan “hawk " salah satu hook favorit. Saya gunakan mesin gerinda, membentuknya dengan pelan-pelan, merendamya pada air dingin agar tak merusak kandungan bajanya.
Black Diamond - Cliffhanger
Ramping Up. Akhirnya anda mungkin menemukan bahwa anda menikmati tehnik hooking dimana anda mau berusaha pada jalur yang sungguh berat seperti Wyoming Sheep Ranch or Plastic Surgery Disaster.

2 komentar:

LOCKER mengatakan...

seep bang..

mantap !!

LOCKER mengatakan...

seep bang..

mantap !!