Senin, 21 Juni 2010

Membuat Point Panjat Sendiri ( IV )

Membuat Cairan Cetakan
Dalam artikel selanjutnya ini saya akan bahas bagaimana caranya membuat cetakan point dengan menggunakan "point palsu" pada artikel sebelumnya.
Langkah-langkahnya;

- Timbang silicon sebanyak yang dibutuhkan dan pastikan cukup untuk mengisi box cetakan.










- Campur 1 bagian catalyst [pengeras] dengan 10 bagian silicon










- Aduk rata sampai warnanya berwarna muda, pastikan untuk mengaduk rata sampai bagian sisi dan dasar wadah









- Seperti inilah kalau sudah tercampur dengan baik










- Tuangkan campuran silicon cair tadi ke box cetakan yang sudah disiapkan. Setelah campuran dibuat segeralah tuangkan. Tuangkan secara merata, setelah itu box cetakan sedikit dipukul2 pada sisinya perlahan agar silicon cair dapat menempat setiap sisi kosong dan gelembung2 angin t erbuang.










- Pastikan semua “point” palsu sudah tenggelam, tidak perlu mengisi penuh box cetakan tapi pastikan ketebalannya cukup kira2 lebih dari 0.5 cm. Tuang habis semua adonan ke box cetakan. Dan didiamkan 1 malam.

Melepaskan point palsu dari cetakan
- Disini kita membuat 2 cara mencetak yg berbeda untuk ilustrasi. Yang sebelah kiri dipasangi baut agar hasil cetakannya nanti akan ada lu
bang untuk penempatan baut yang nantinya baut tsb akan dipasang lagi sewaktu pencetakan “point” agar mendapatkan lubang yg bagus untuk penempatan baut, Yang disebelah kanan tidak dipasangi karena nanti bentuk cetakannya sudah ada bentuk & lubang untuk penempatan baut, tetapi kelemahan dari model ini adalah apabila cetakan ini berulang-ulang dipakai bagian yg berbentuk pentol yg menghasilkan lubang pada hasil cetakan sering sekali mudah rusak, makanya padau mumnya sekarang sudah memakai penempatan baut ditengahnya, ini akan membuat cetakan tersebut akan bertahan lebih lama.


- Setelah satu malam dan mengering, lepas baut dari cetakan silicon. Lalu lepaskan cetakannnya
.


- Langkah terakhir lepaskan gabus “point” palsu tadi dari cetakan silicon cair yg sudah mongering. Karena terbuat dari gabus, jadi langsung saja patahkan dan bersihkan sisa-sisanya dengan tangan, bersihkan & pastikan tidak ada sisa yg tertinggal di wadah cetak. Sekarang kamu sudah punya master cetakan untuk membuat “point” / Artificial Climbing



Bersambung -----------------

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mohon cantumkan link sumber aslinya

http://catros.wordpress.com/2008/10/28/pembuatan-point-panjat-4/