Senin, 21 Juni 2010

Membuat Point Panjat Sendiri ( II )

Saya ingat sewaktu jaman waktu sedang “tergila-gila” ama panjat tebing, dan karena waktu itu wall climbing masih barang langka dan super mewah, maka kami [temen2 manjat sewaktu SMA] memanfaatkan tembok belakang rumah temen yang kebetulan cukup tinggi dan memanjang, karena miskin gak punya duit, kami berencana membuat “point” dengan berbagai bahan, dari kayu reng, kayu kaso, dolken, pongkol pohon, besi siku, teakwood, multiplex sampai-sampai tembok salah satu rumah temen dilubang-lubangi dengan menggunakan pahat tembok ukuran kecil untuk mendapatkan ukuran “point” yang bervariasi. Dan sekarang setelah hunting informasi kesana kemari, saya mo membagi informasi ini buat siapa aja yg berminat untuk berkreasi dan sedikit repot untuk membuat sendiri “point”climbing.

Disini kita akan berkreasi menggunakan bahan karet silicon dan resin (jenis lem).


Membuat “point” palsu (Mastering)

Tujuan membuat point palsu ini, adalah sebagai dasar bentuk point yang kita akan cetak. Kita bisa gunakan bahan untuk cetakan awal, sepereti kayu, tanah liat, strefoam dan lainnnya. Disini saya gunakan floral foam ( sejenis busa yang digunakan untuk merangkai bunga)


Langkah - langkahnya

- Potong floral foam sebesar yang diinginkan. Gambar pola pada floral foam tadi











- Bentuk floral foam menyerupai point yang kita inginkan, menggunakan gergaji triplek atau pisau cutter kecil









- Dengan hati-hati, kikir permukaan point palsu yang telah dibentuk dengan kikir dengan permukaan lebar









- Perhalus setiap sudut dan lekukan point palsu tadi dengan menggosok-gosokkan mempergunakan tangan, sekaligus merasakan apakah permukaannya sudah halus dan cukup baik untuk pegangan.










- Setelah itu siapkan 2 buah mata bor berlainan ukuran untuk membuat lubang baut. Pastikan mata bor yang dipergunakan sesuai untuk baut yang biasa digunakan pada dinding panjat, umumnya ukuran 14.










- Dengan mata bor , dan tabung (tube) untuk mengarahkan mata bor, lubangi point palsu tadi, lalu pergunakan mata bor lebih besar agara nantinya kepala baut bisa masuk pada pemasangan point sebenarnya












- Sekarang point palsu tadi sudah siap untuk membuat bentuk awal cetakan












Bersambung--------------------

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mohon cantumkan link sumbernya
http://catros.wordpress.com/2008/10/28/pembuatan-point-panjat-2/