Selasa, 27 Januari 2009

Alain Robert is The Real Spiderman

Biografi Alain Robert (The Real Spider-MAN)

Alain Robert (lahir 7 Agustus 1962 di Valence, Drôme, Perancis sebagai Robert Alain Philippe) adalah pemanjat tebing dan pemanjat urban. Dengan nama panggilan "Spider-Man," Robert adalah seorang pemanjat urban, pemanjat free solo dan memanjat exteriors yang licin dari gedung pencakar langit.
Walaupun pemanjat urban terkenal lainnya terkadang menggunakan alat bantu, Robert tidak menggunakan alat-alat keselamatan atau peralatan apapun. Ia hanya menggunakan tangan kosong dan sepatu panjat, Robert sendiri telah memanjat lebih dari 70 bangu
nan raksasa di seluruh dunia termasuk banyak bangunan tertinggi di dunia.
Sebagai anak laki-laki, Robert mulai
dengan memanjat tebing batu di daerah sekitar rumahnya, karir boldering dimulai pada usia 12 ketika ia lupa dimana kuncinya dan terkunci apartement orang tuanya yang berada di lantai delapan Daripada menunggu mereka kembali ke rumah, Alain dengan mudahnya memanjat menuju rumahnya.
Pada usia 19 dan 20 ia mengalami dua kecelakaan, di mana ia terjatuh dari ketinggian 15 meter dan menderita beberapa luka permanen dan vertigo. Dokter beranggapan ia akan cacat 60 persen dan Robert berkata dia tidak akan dapat memanjat lagi. Namun, dalam 6 bulan kemudian dia kemb
ali memanjat. Dia terus memilih bangunan yang menantang dan terus mengimprovisasikan keterampilannya, dan mengasah keterampilan rock climbing di French Alps sebelum beralih ke bangunan-bangunan.

Strategi
Karena hampir semua negara tidak memberikan izin untuk hal yang menimbulkan bahaya seperti ini, Alain Robert berencana muncul diam-diam, biasanya pada dini hari, di samping gedung pencakar langit di kota-kota di seluruh dunia dimana ribuan penonton tak akan berhenti kagum dari apa yang terjadi. Akibatnya, ia telah ditangkap di berbagai negara berkali-kali oleh polisi yang menunggu di bagian atas gedung
.
Kondisi fisiknya dan ahli teknik pemanjatan membolehkannya untuk memanjat dinding bangunan dan jendela (seperti tonjolan jendela dan bingkai). Banyak pemanjatannya tidak memberikan kesempatan untuk istirahat dan dapat berakhir lebih dari satu jam. Dengan tinggi 1,65 m (5'5 "), dia pendek dan ringan, kombinasi yang meningkatkan kecekatan saat memanjat. Kadang ia membawa kantong magnesium (chalk bag) yang digunakan untuk menyerap keringat, yang terikat pada pinggangnya.
Spekulasinya dimulai dengan mencoba memanjat bangunan tertinggi di dunia pada saat itu, Menara Kembar, Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. Sementara pihak berwenang Malaysia menanti kejadian itu, mereka terkejut ketika satu hari pada tahun 1997 tiba-tiba
dia terlihat beberapa lantai atas di samping menara dalam pemanjatannya menuju puncak menara. Dia akhirnya ditangkap saat mencapai lantai 60, 28 lantai lagi dari 88 lantai yang ada.
Sementara di Sears Tower di Chicago, Illinois pada tahun 1999, ia mengalami pemanjatan yang paling menantang selama karirnya. Di dekat bagian atas lantai 110, kumpulan kabut tebal menyelimuti logam dan kaca dinding pada 20 lantai yang terakhir sehingga dapat menyebabkannya terpeleset. Meskipun pemanjatan menjadi agak lambat dan menguras tenaga, Alain Robert berhasil dan mencapai bagian atas gedung.
Pada bulan Februari 2003, secara legal ia memanjat 656 feet, gedung National Bank Abu Dhabi, UEA, yang disaksikan
oleh sekitar 100.000 penonton. Pada bulan April, ia berhasil memanjat kantor pusat raksasa minyak Total SA di La Défense, di luar Paris, untuk memprotes invasi di Irak.
Sekarang Robert dibayar untuk memanjat bangunan-bangunan sebagai bagian dari upaya publikasi. Pada bulan Mei 2003, dia dibayar sekitar $ 18.000 untuk memanjat 312 feet, Lloyd's of London untuk mempromosikan premier dari film Spider-Man di saluran televisi Inggris, Sky Movies.
Pada tanggal 19 Oktober 2004, dia melampaui 614 feet dari kantor pusat perusahaan minyak Perancis Total, dengan memakai kostum SpiderMan. Pada tanggal 11 Juni 2005 dia memanjat Cheung Kong Centre di Hong Kong, berjarak 283 m (928 kaki) 62 lantai.

Pada tanggal 1 September 2006, dia memanjat bangunan tertinggi di Lithuania dan Negara Balkan, Europa Tower (148 m) di Vilnius. Memakai setelan hitam dan menggunakan tali panjat, yang ia lepaskan beberapa kali, dia sampai ke tempat pengamatan gedung (114 m) dalam 40 menit. Juga di tahun 2006, dia naik Torre Vasco da Gama di Portugal sebagai bagian dari sebuah iklan untuk operator selular nasional Optimus. Dia menyelasaikan tahun ini dengan memanjat Santa Fe World Plaza di Mexico City, pada 7 Desember. Pada tanggal 23 Feb dari 2007, ia memanjat secara legal kantor pusat Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), di pantai kota Abu Dhabi (Uni Emirat Arab).
Pada tanggal 20 Maret 2007, dia m
emanjat Menara Kembar Petronas lagi, menandai sepuluh tahun sejak dia naik di Menara Kembar Petronas. Dia membiarkan dirinya mencapai lantai 60, mengibarkan bendera Malaysia dan mendapat tepukan tangan dari polisi yang menunggunya, pemadam kebakaran, dan perwakilan media sebelum menyalaminya. Dia borgol dan dipaksa keluar dari lokasi sebelum dibawa ke kantor polisi.
Pada tanggal 31 Mei 2007, dia melampaui gedung tertinggi di, Jin Mao Building berlantai 88, Shanghai, China. Sekali lagi dengan memakai kostum Spiderman. Robert kemudian ditangkap dan dipenjarakan selama 5 hari sebelum diusir dari Cina.


Pemanjatan Terkemuka
Beberapa monumen dan gedung pencakar langit yang telah dipanjat Alain Robert:
Sydney, Australia - Sydney Tower dan Sydney Opera House
Rio de Janeiro, Brasil – Hotel Vermont Rio de Janeiro
Montreal, Quebec, Kanada – Crown Plaza Hotel Montreal
Hong Kong - The Far East Finance Centre The Far East,The Cheung Kong Centre
London, Inggris
- One Canada Square, Lloyd’s Building
Paris, Perancis - Menara Eiffel, Grande Arche di La Défense,Obelisk di Place de la Concorde, Tour Montparnasse, Tour Cristaldi Front De Seine,Mercurial Towers di Bagnolet
Frankfurt, Jerman – Menara Dresdner Bank
Milan, Itali – Banca di Milano
Tokyo, Japan – Shinjuku Center Building Tokyo,
Warsawa, Polandia – Marriott Hotel Warsawa
Johannesburg, Afrika Selatan – IBM Tower
Abu Dhabi, Uni Emirat Arab – National Bank of Abu Dhabi dn the Etisalat, Abu Dhabi Investment Authority , Headquarters Building,
Amerika Serikat - Empire State Building – New York, Sears Tower – Chicago, Illinois,Golden Gate Bridge – San Francisco, Blue Cross Tower – Phi
ladelphia, Pennsylvania, Luxor Hotel Pyramid – Las Vegas, Nevada,
Tampere, Finlandia – Hotel Ilves
Malaysia - Petronas Tower 1 – Kuala Lumpur (ditangkap di lantai 60, tahun 1997), Petronas Tower 2 – Kuala Lumpur (ditangkap pada lantai 60 saat Visit Malaysia year 2007), Sabah Foundation Building – Kota Kinabalu, Sabah. (untuk pengumpulan dana), Melia Hotel – Kuala Lumpur
Taiwan – Taipei 101
Venezuela – Parque Central Torre Venezuela
Spanyol – Torre Agbar Barcelona
Portugal -Torre Vasco da Gama, 25 de Abril Bridge
Mexico City, Mexico- Santa Fé World Plaza Corporate Tower

Bratislava, Slowakia – Slovak Radio Building Bratislava
Shanghai, China – Jin Mao Building

Kecelakaan- kecelakaan
Alain Robert mengatakan bahwa ia telah jatuh tujuh kali dalam hidupnya. Yang terburuk adalah
jatuh yang kedua kalinya pada tahun 1982. Pada tanggal 18 Januari 1982, di umur 19, ia jatuh 15 meter ketika anchor dan tali terlepas selama pelatihan. Dia terluka pergelangan tangan, tumit dan hidung dan mengalami tiga operasi. Pada 29 September 1982, saat umur 20, ia jatuh 15 meter ketika talinya terputus ketika melakukan rappelling. Ia mengalami koma selama lima hari dan luka pada kedua lengan bagian depannya, sikunya, panggul, dan hidung. Dia juga menderita pendarahan otak dan vertigo. Dia mengalami enam operasi pada kedua tangan dan siku.
Pada tahun 2004, ia jatuh ketika naik dua meter dari bangunan stasiun televisi Korea setelah wawancara. Ia mendarat dengan siku, dan diperlukan empat puluh jahitan, tetapi kemudian ia memanjat gedung tertinggi di dunia Taipei 101, sebagai bagian dari seminggu pembukaan resmi.
Pada tahun 2005, ia jatuh delapan meter, ketika mengajarkan bagaimana cara bergantung dengan kaki saat memanjat. Dia menekuk kedua tangan ke belakang pada jalur yang mudah, namun kehilangan
keseimbangan dan jatuh kepala terlebih dahulu dan mematahkan kedua pergelangan tangannya. Ia kembali mengalami koma dan menghabiskan dua bulan di rumah sakit.

Penangkapan di Houston
Pada tanggal 22 November 2005, dia ditangkap karena ia memanjat bangunan One Houston Center di Houston, Texas. Dia dituntut dengan pidana memasuki wilayah tanpa izin. Tuntutan pidananya juga karena pemilikan dua pil yang ditemukan polisi. Ia menyatakan pil itu merupakan resep obat Urbanyl, obat-obatan yang digunakan untuk mencegah serangan sakit epilepsi. Ia menghabiskan dua hari di penjara dan kemudian muncul di pengadilan pada 29 No
vember dan memberikan bukti dari resep dokter, dan mengapa obat itu diberikan padanya. Pada tanggal 20 Desember ia memanjat di Cristal Tower di Paris memprotes penangkapannya. Pengadilan berikutnya dijadwalkan 4 Januari 2006, tetapi Robert mengatakan bahwa dia akan memanjat di Mexico pada saat itu.
Pada tanggal 15 Maret 2006 ia memanjat salah satu Mercurial Towers (122) m di Bagnolet memprotes tujuh hari di penjara, sebelum kembali ke Texas untuk melayani pertanyaan di pengadilan. Pada 31 Maret dia muncul sebelum pengadilan di Houston. Hukuman atas obat-obatan telah dijatuhkan, namun karena nota resep yang sah, hukuman penjara dikurangi menjadi satu hari dan denda sebesar $ 2000 karena memasuki wilayah tanpa izin


Keluarga
Alain Robert dan istrinya Nicole memiliki tiga anak. Ia kerap kali memanggil anak-anaknya setelah dia mencapai bagian atas sebuah bangunan. Anak-anaknya juga dilatih memanjat olehnya.

Tidak ada komentar: