Sabtu, 06 Juni 2009

Cara penggunaan beberapa alat belay/rappell (bag. 1)

Figure Eight

Umumnya bentuknya menyerupai angka 8. Namun beberapa produsen alat panjat mengembangkannya dengan berbagai model dengan berbagai kelebihan pula.Jenis alat ini paling banyak digunakan, karena se-tupnya yang cepat dan mudah dilepaskan. Namun penggunaannya juga perlu banyak kehati-hatian.



Belay Plate/ Spring Plate

Bentuk awal yaitu tanpa per (spring). dengan adanya per akan memberikan jarak antara karabiner dan plate tersebut yang akan membuat proses belaying jadi lebih mulus.



Trango Magic APD

Tak seperti alat device lainnnya Trango Magic APD berfungsi dengan sangat baik. sekilas bentuknya terlihat dari seperti Figure Eight Descender., tapi kegunaan utamanya sebagai sebuah pengendali belaying dan alat rappelling. Rongga bawahnya beroperasi seperti Kong Gi-gi atau Cassin 217. Trango Magic APD dapat dipakai dua jalur secara bersamaan. Magic APD lebih menguntungkan selama melakukan rappelling seperti halnya sebuah tuas untuk mengontrol laju turun. Tentu saja, Magic APD dapat digunakan layaknya Figure Eight untuk rappelling. Tapi ingat ketika melakukan rappelling Magic APD tak seberat dan setebal Figure Eight lainnya, jadi ia lebih cenderung lebih cepat panas.






Salewa Ants


Salewa Antz dipasang dengan menyelipkan lekukan tali ke sisi kiri lalu di klip dengan karabiner HMS melewati celah dan bight (lekukan tali) tadi. Karabinner dipasang sewajarnya. Tali untuk pemanjat, yang kemudian melewati lilitan pada batangan pembantu, dapat diatur dengan membiarkan karabiner bergerak ke kanan dan ke bawah. Ketika pemanjat terjatuh, Antz tertarik ke atas, dan karabinner HMS tertarik ke kiri, menghimpit tali diantara penghalang allumunium tang terletak di atas dan penggulung tali di bagian bawah.

Rappelling menggunakan Antz, dilakukan dengan mengklip sling ke harness, lalu menyelipkan HMS karabiner ke celah, menjepit lekukan tali seperti halnya ketika melakukan belaying. Bagian atas tak digunakan, dan HMS karabiner tak dicantolkan kepada rappeller. Dengan mengunci Antz, rappeller harus menarik Karabiner agar dapt melaju turun. Ini lebih membutuhkan usaha lebih.

Salewa Antz tak diperuntukkan untuk penggunaan tali ganda, walupun ada pemisah diantara pelat-pelatnya.



CAMP Yo-yo


Camp Yoyo sama seperti Salewa Antz atau Wild Country Single Rope Controller, sebuah lekukan (bight) tali diselipkan ke sisi kiri alat ini, dan sebuah krabiner HMS dicantolkan melewati celah dan lekukan (bight) tali tadi. Karabiner dipasang sewajarnya. Tali diatur dengan cara memutar Yo-yo horisontal. Ketika pemanjat terjatuh. Yo-yo berbalik arah, sehingga tali terjepit antara karabiner HMS dan pin penjepit. Ada kalanya, sepotong logam yang terletak kiri paling atas berupa celah bentuk V, yang beradu dengan tali, menambah ekstra friksi tali.


Mammut Smart


Seperti Salewa Antz dan Camp yo-yo, atau Wil Country Controller, sebuah lekukan tali diselipkan ke sisi kiri pada pengontrol tali, dan sebuah karabiner HMS diklip diantara celah dan lekukan tali tadi. Karabiner HMs dipasang seperti normalnya. Tali diatur dengan memutar alat ini horisontal. Ketika terjadi pemanjat terjatuh, Smart berputar ke atas , dan tali terjepit antara karabiner HMS dan logam terbawah. Belayer dapat mengatur tali dengan mengangkat tuas berwarna merah. Gerakan tarik menarik ini berbeda dengan gerakan yang cenderung menurun saat menggunakan Camp Yo-yo atau Wild Country Single Rope Controller, tapi keduanya dapat digunakan. Tuas (handle) yang panjang dari Smart membuat gerakan mengangkat lebih mudah.




Sirius TRE


Sirius mempuyai fungsi sebagai alat belay dan rappelling. Kerangka utamanya berbentuk subrektangular (seperti empat persegi panjang), dengan diameter celah 52 mm dan 13 mm. sebuah lubang untuk karabiner berbentuk seperti segitiga dengan 90 derajat pada satu bagian, dan dua horns (seperti tanduk) pada bagian lainnnya. Sebuah tuas utama yang ditutup plastik pada bagian akhir horn (tanduk). Sebuah penghalang (bar) berpegas berbentuk T terletak pada tuas. Ketika tuas dalam posisi lurus taau menegang, sebuah pengunci di bagian dalam mencegah tuas berputar tanpa menekan (bar) penghalang tadi.



Wild Counrty Single Rope Controller


Alat ini dipasang dengan menyelipkan sebuah tekukan/lekukan (bight) tali ke sisi kanan dalam alat ini, dan mengklip/mencantolkan karabiner HMS melewati celah dan bight tadi. Karabiner HMS dipasang secara normal. Tali diatur dengan memutar alat secara horizontal.. Ketika terjadi fall (pemanjat terjatuh) alat ini tertarik ke atas (lihat gambar di bawah), dan karabiner HMS bergeser ke samping, menghimpit tali diantara karabiner dan dua penjepit terbawah

Single Rope Controller menyerupai Camp Yo-yo, tapi tidak mempunyai celah berbentuk V yang menjadi kelebihan Yo-yo.

Pada seri terbarunya Controller lebih baik dengan kelebihan utamanya mempunyai celah yang lebih lebar. Ini jauh lebih mempermudah pengaturan tali.


Tidak ada komentar: