Senin, 14 Juni 2010

Daftar Peralatan Mendaki Gunung Es

1. Alas kaki
- Double Plastic Boot (aveloit linners). Adalah sepatu menda
ki dengan dua bentuk sepatu, lapisan luar dibuat dari plastik yang kuat, bagian dalam dibuat dengan bahan empuk namun kuat. Misal;
Koflach Artis Exepediton, atau Scarpa Invern
o.- Fully Insulated Boot. Misal: K2 40 below, Outdoor Research BrookeRanger.- Light hiking boot, Sepatu mendaki gunung yang ringan namun kuat.
- Crampoon. Tapak besi sepatu, Misal; Charlet Moser Super 12 Rapidfix Lanieres, Grivel G12 New-Matic, or Black Diamond Sabertooth- Gaiter. Melidungi sepatu kan masuknya salju, es bahkan air ke sepatu. Misal: Outdoor Research Expedition "Crocodiles".- Wool / pile socks. Kaos kaki dari bahan wol atau sintetis yang dpat menahan udara dingin
- Liner Socks. Kaos kaki dipakai pada bagian dalam dibuat dari wol tipis halus, nilon atau capilene hampir seperti kulit kedua. ini mereduksi lecet atau melepuh pada bagian kaki.

2. Peralatan Panjat
- Ice Axe. Kapak es, ukuran sangatlah penting; Untuk orang dengan tinggi dibawah 5,7 ft gunakan kapak 60 cm, 5,7 - 6,1 gunakan yang 65 cm, lebih dari 6,1 gunakan yang 70 cm. lebih pendek lebih disukai daripada terlalu panjang. Misal: SMC Himalayan or Black Diamond Alpamayo.
- Carabiner. Baik itu bentuk oval ataupun delta, type HMS.
- Ascender. ascender tangan kanan dan tangan kiri.

- Rapple/belay Device. Umumnya seorang pendaki es memerlukan 1 buah Figure 8, ATC dan Trago Pyramid.- Perlon. webbing.
- Cimbing Harness. harness yang digunakan adalah adjustable harness, dengan gear loop.
-Adjustble Ski/Trekking Poles. Tongkat mendaki yang dpat disesuaikan ukuran panjang-pendeknya.

3. Pakaian
- Expedition weight underwear. Sepasang pakain dalam dari bahan Polypro or Capilene

- Lightweight Underwear. Pakain dalam yang ringan, terdiri dari atasan dan bawahan dibuat dari bahan Capilene, sintetis atau wool. Bukan Cotton. Lightweight lebih disukai (kenakan sepasang pada suhu hangat dan gandakan pada suhu yang lebih dingin). Dengan retsleting bentuk T sampai leher memberikan pilihan keluar masuknya udara. Disarankan: North Face Micronamics, MarmotDriClime, or Patagonia Capilene.- Pile Jacket. Heavyweight pile (Polartec 300). Tipe dengan retsleting penuh lebih mudah dikenakan dan punya ventilasi udara yang lebih baik daripada jaket tipe pull over. Jaket jenis Windstopper tidak disarankan karena kurang breathable. Misal: NorthFace Polar Sun.- Pile Pants. Heavyweight pile (Polartec 300) with full separating side zippers (This is very important for ventilation and for ease of dressing up or down when conditions change in the middle of a climb). adalah celana dengan penuh retsleting pemisah pada sisinya ( ini sangat penting utnuk ventilasi atau memlkai dan melepaskannnya saat cuaca berubah saat pendakian) Misal: North Face Polar Sun atau yang setara. - Down Pants. To fit over insulation layers. Dikenakan setelah lapisan Insulation. haruslah tahan angin. Misal: Feathered Friends Helios or Volant
- Down Parka. (tebal, dan punya penutup kepala yang bagus) Misal: North Face Baltoro, Mt. Hardwear Absolute Zero, Marmot 8000meter, or Feathered Friends Rock & Ice.- Gore-Tex Shell Pants & Shell Jacket with hood. Celana lapisan luar dari bahan Gore -tex. juga Jaket lapisan luar dengan tutup kepala (hood). Untuk jaket direkomendasikan denga retsleting depan yang panjang. Direkomendasikan celana juga mempunyai retsleting samping. Misal: North Face mountain. Light Pant, MountainHardware Exposure Pant.


4. Sleeping Bag
Direkomendasikan bagian dalamnya dari bulu angsa. Misal: North Face Inferno, Feathered Friends Snow Goose, or Marmot CWM.
5. Sarung Tangan
Ada dua jenis sarung tangan yang digunakan, bentuknya seperti sarung tangan umumnya. dan Mitten ( sarung tangan yang memisahkan ibu jari dengan empat jari lainnnya). Gunakan yang terbuat dari bahan Gore-tex.6. Ransel.
Backpack dengan internal frame dapat diperluas daya tampungnya. Jaga ini mudah dan ringan, hindari ritsleting yang tak perlu, dan lain-lain yang menambahkan berat.
dikomendasikan: TNF, Kelty, Gregory.
Daypack. Dipilih untuk melakukan perjalanan hari.

7. Kacamata
Baik kacamata tipe biasa namun diperuntukkan untuk mendaki gunung es dan Google, kacamata dipakai untuk bermain ski.

Peralatan umum lainnya, seperti tenda, headlamp, blaclava, high altitude stove ( peralatan memasak untuk dareah ketinggian), pisau serbaguna dan lainnnya.

2 komentar:

Aneka Jajanan Sehat mengatakan...

jual sepatunya dimana gan?? saya naksir berat sama tuh sepatu :D

Unknown mengatakan...

gan kalo mw pesen gmn cara nya
sms ke nomer ini 08988367673