Kamis, 25 Desember 2008

> Prusik dan Ascender

Hai man, what ups ! banyak dari elu mungkin cuma tau kalo prusik itu cuma sebuah nama untuk tali yang dipergunakan untuk gelang atau kalung yang dipakai kebanyakan anak-anak gunung, atau untuk aksesoris lainnya.

Sebenarnya prusik ‘ntu merupakan sebuah nama sebuah simpul yaitu simpul prusik (Prussik Knot). Simpul ini ditemukan oleh seorang dokter yang juga pemanjat Alpinis (pendaki atau pemanjat yang maennya di pegunungan Alpen) yaitu Dr. Karl Prussik. Simpul ini sendiri ditemukan di pegunungan Tyrol (perbatasan Austria – Itali) pada tahun 1934. Simpul inipun akan menjadi cikal bakal Ascender.

Pada tahun 50an dua orang peneliti burung elang berkebangsaan Swiss, Adolf Jusi dan Walter Marti, menciptakan alat yang disebut Mekanik Prusik, tapi pengetahuan orang tentang alat ini tak berlangsung lama, karena di saat yang sama di sekitar pegungungan Yosemite (Amerika Serikat), itu tuh, yang terkenal akan tebing – tebingnya, diciptakan alat yang fungsinya menggantikan Simpul Prusik. Alat ini disebut JUMAR diadaptasi dari nama Adolf Jusi dan Walter Marti.

Setelah itu perkembangan alat inipun semakin baik, dinilai dari sisi efisiennya, kearodinamisannya, dan fungsinya. Bahkan ada model dari alat ini yang mempunyai multi fungsi baik sebagai Ascender, atau bisa berfungsi sebagai pulley (mis.petzl traxion) disebut Self Jamming Pulley

Tidak ada komentar: