Senin, 13 Juli 2009

A faster belay

By Majka Burhardt

The speedy Grigri method

Alat belay mechanical-assist - Petzl grigri dan Trango cinch - keduanya terkenal di tebing dan di sasana panjat. Banyak orang memilih satuan ini untuk single-pitch climbing dan sesi hangdog, tetapi menggunakan mereka semestinya adalah kunci penggunaan mereka dengan aman. Bayangan pengertian umum bahwa belay dengan mechanical-assist merupakan auto-locking adalah salah, dan kesalahpahaman ini sering menghasilkan kecelakaan dan belaying yang tak aman Tak ada alat yang bebas genggam (hands-free); keduanya memerlukan rem dengan tangan yang aktif pada tali rem ke fungsi semestinya.

Trik bagus untuk mengoperasikan alat belay dengan bantuan mekanik (mechanical-assist) adalah mengulurkan tali kepada leader. Tips ini dirancang untuk meyakinkan anda bahwa sesi belaying berikut akan aman, dimana leader anda itu tidak pernah lagi memperoleh jarak tali yang pendek.

The gradual-feed Grigri. Sepertihalnya pemanjat bergerak, belayer dapat menggunakan grigri seperti halnya beberapa alat belay berbentuk tube. secara berangsur-angsur menarik (dan mendorong) tali melalui alat dengan kedua tangan sebagai kunci untuk membuat ini bekerja - jika kamu menarik/mendorong terlalu cepat, alat akan terkunci.

The Speedy Grigri. Sementara metode mengulurkan tali ke leader secara bertahap (gradual feed) bekerja lebih dengan baik untuk penyesuaian kecil, tidak cukup cepat untuk speed climber atau proses mengklip yang cepat. Cara paling lumrah untuk mengulurkan tali dengan cepat tali ke leader adalah menggenggam sementara cam pengunci pada alat belay device dengan tangan rem anda (misal kanan), dan naik-turunkan tali keluar dengan tangan pengarah tali (kiri). Masalah pada ini metode - tidak direkomendasikan atau disetujui oleh petzl - banyak belayer berbuat keliru menjaga rem tangan mereka di grigri saat leader' memasang pengaman, jadi menghambat kesatuan penguncian cam dan bisa mencelakakan pasangannya atau luka dalam sebuah fall. Grigri anda akan hanya menghentikan fall bila cam bebas menjepit tali, jadi belay teraman adalah dimana cam dibatasi paling sedikit jumlah waktu. Sekali saja tali mengendur (slack), segera kembalikan posis tangan rem pada tali rem, dan sesuaikan jumlah slack pada sistem. Sebuah belay yang baik dengan Grigri merupakan sebuah kesatuan aktif - menggunakan metode pengaturan tali bertahap untuk membuat penyesuaian kecil.

The cup method. Metode tangkup. Jika anda mengajar pemanjat baru untuk membelay, atau menugaskan orang lain yang tidak pernah sebelumnya menggunakan grigri, satu metode - juga tidak disetujui petzl – coba teknik "cup". Untuk mengendurkan tali saat pemanjat bergerak di atas dengan cepat (quick feeding), untuk sementara genggam dari arah bawah bagian atas grigri dengan rem tangan anda (menyimpan jempol kamu terdekat ke dada anda dan sejajar dengan jari lainnya), dan gunakan tangan pengarah (guide hand) untuk mengulur tali dua tarikan tangan. Grigri akan hanya menarik penuh melawan cupping (genggaman tangan pada grigri/chinc) anda bila anda sangat rajin menarik tali yang kendur; segera setelah anda menghentikan tali yang terulur ke atas, grigri akan kebawah bergeser beberapa inchi dan siap menerima fall. Sama halnya dengan metode “grigri cepat”, segera kembalikan posisi rem tangan anda pada jalur rem setelah anda menghalau slack dengan menarik tali, dan mainkan beberapa slack dengan metode the gradual-feed.

It’s a Cinch. Cinch juga cenderung mengunci dengan mudah pada proses membelay yang bertahap. Trango merekomendasikan metode ini untuk mengulur tali dengan cepat, menahan keduanya, alat dan tali dengan tangan sebagai pengerem (lihat ilustrasi), dan secara sederhana putar alat bergerak menurun, memacu keluar tali dengan tangan lain kamu. Posisikan cinch kebawah dengan cara ini tali yang lurus jalan segaris dengan leader, melewati belay device, ke tangan pengerem, mengurangi kecenderungan alat belay mengunci. Selama anda mengendalikan genggam di tali belaying, beberapa sentakan pada tali untuk pemanjat akan cenderung memutar alat belaying kembali ke posisi atas, beserta mekanisme penguncian. Metode quick-feed lainnya - tidak dikomendasikan oleh Trango - meringkas penonaktifan alat dengan bagian bawah jari manis dirancang untuk memberi anda membuka kuncian alat jika leader menarik tali terlalu cepat. Pegang tab, dengan cepat kendurkan, dan segera kembali cara belaying normal.
Kuncinya metode (grigri dan cinch) adalah pengendaliaan konstan, tangan yang kokoh pada ujung tali untuk rem. Jika kamu menonaktifkan camnya, lakukan itu sangat cepat dan sadar, kemudian pindah tangan rem anda secara penuh ke tali dan kendalikan tali yang aktif, belay yang penuh kewaspadaan

Rotate the Cinch downwards for fast rope delivery

Tidak ada komentar: