Kamis, 23 Juli 2009

Tech Tip - Trad - Fancy feet

By Jared Ogden Illustrations by Mike Clelland


Pernah rasakan dibingungkan dengan bagaimana cara terbaik mempergunakan kaki anda pada saat memanjat celah? Retak-retakan tebing dapat dirasakan membuat putus asa jika anda tidak mempunyai injakan yang kuat. Apakah anda membentur batuan granit, atau pada celah – celah di Indian Creek, teknik ini akan membantu persiapan lebih baik untuk mengencangkan jari sampai lepas tangan.

Dasar-dasarnya. Dasar foot jam bahwa semua jamming didasarkan pada pelajaran terbaik pada celah untuk tangan, sebagaimana ukuran memberikan pijakan yang kuat. Gunakan sepatu yang memberikan jari kaki anda menapak. Untuk memulai, tempatkan kaki (jari kaki besar di atas, bagian dalam jari ke bawah jari ) ke dalam celah untuk melengkungan kaki, jaga lutut ke luar dari sisi. Berikut, putar lutut anda ke arah dalam (ke atas celah), bengkokkan sepatu dan kunci posisi ini. Bengkokkan pinggang untuk menaikkan kaki daripada membengkokkan lengan anda. Ini bisa dirasakan tidak kokoh, tetapi sekali anda melangkah, berat akan bertumpu pada kaki. Dengan kedua kaki mengunci, dorong dengan paha, atur tekanan di kaki, dan bawa pinggul mendekati dinding pada setiap akhir gerakan, untuk memindahkan berat lengan dan dan yang ada pada kaki. Pergelangan kaki harus terasa seperti mereka menahan seluruh dari berat, dan tangan secara sederhana menahan anda pada tempatnya saat melangkah.
Inilah nuts dan bolt, tetapi teknik menjadi lebih ringkas pada ukuran lebih kecil. Juga, jaga mata dari tepi permukaan tebing berikutnya ke celah, atau serpihan batuan dalam celah dimana anda dapat memperoleh pergerakan yang lebih baik.
Friends and ringlocks. Sepatu berpenampilan rendah menempel dengan baik pada celah ini , tetapi untuk mendapatkan lagi daya tarik lebih, gunakan posisi katak. Melakukan ini, jaga ketinggian kaki dan dekatkan bersamaan, dengan lutut berdampingan. Kemudian, bengkokkan lutut sebagaimana anda naik dengan kaki, dan ulangi. Dengan menempatkan jari kaki paling kecil anda celah, dengan tumit anda terarah ke bawah dan jari kaki anda ke atas, rapatkan sepatu serapatnya ke celah. Pergelangan kaki harus terasa tegang untuk mengendalikan tekanan, dan jari kaki kecil dapat terluka saat anda sungguh – sungguh memasukannya dalam-dalam ke dalam celah.

Rattly fingers, fingers, dan tips. Pada ukuran celah lebih kecil pastinkan untuk menjaga ketinggian kaki anda, dan tidak terentang terlalu jauh dengan tangan anda karena anda kehilangan kendali terhadap kaki. Sepatu yang lebih ketat pada celah yang sangat kecil akan menyediakan kontrol lebih baik pada tepian tebing yang buruk ini. Putarkan kaki anda seperti di metode dasar, tetapi fokus bagian dalam jari kaki berdampingan dengan celah, Lihat ketidakteraturan terkecil pada celah, rekatkan jari-jari anda paling pada bagian celah yang tak terlihat, dan kerjakan tepian tebing tak peduli bagaimana putus asanya. Berdasarkan eksperimen gunakan satu kaki pada celah sementara lain meraba-raba pada permukaan tebing yang rata, khususnya di dihedral dimana anda mempunyai area lebih rata, dan dimana ini bisa saja lebih berharga naik dengan kedua kaki dalam celah. Dorong keras kaki anda seperti sungguhan.
Sekarang anda telah membaca tentang ini, anda perlu berlatih. Toproping merupakan cara bagus untuk masuk dalam setiap tehnik. Untuk membangun tehnik ini, hematlah kekuatan tangan dan fokus pada kerja kaki. Memanjat celah adalah neraka untuk pergelangan kaki dan rasa sakit pada kaki anda, jadi, fokus pada kecepatan dan gerakan berulang-ulang.; berdiri pada sebuah posisi yang tak nyaman adalah buruk. Setelah membuat kemajuan dengan tehnik ini, anda akan merasa bangga.

Tidak ada komentar: