Jumat, 31 Juli 2009

Teknik dan Tip - Perhitungkan Keserasian

By Mike Clelland



Sebuah susunan belay pada pemanjatan big-wall dapat dengan cepat menjadi berantakan dari runners yang terbelit, tali temali kusut, dan karabiner yang terjepit. Jika kamu tidak sering mengaturnya, keadaan ini akan membayahakan segalanya. Adalah penting bahwa segala yang ada pada anchor big-wall dilebihkan, berarti untuk apapun; sebuah sling, karabiner, dan lain-lain. - patah, anchor masih bergerak - Anda sedikitnya terdiri dua orang dan satu ransel hauling; keputusasaan ini besar sekali, jadi jangan ambil jalan pintas. Juga, anda harus punya tempat untuk mengorganisir. Sadari bagaimana anda menyusun anchor: dimana akan mengaitkan parner anda di setelah ia naik ke atas? di mana pitch berikutnya? bagaimana tali anda bergerak? bagaimana nantinya bisa nyaman untuk beberapa jam berikutnya?.
Setiap anchor berbeda, tetapi disini saya tunjukkan “bolt berbaris” sebagai suatu contoh. Catat bahwa susunan ini juga memerlukan 24 karabiner: 16 snap dan 8 srewgate.
Pertama pikirkan leader harus tercantol pada dinding tebing, dengan karabiner bentuk pear /HMS (A) pada bolt - sekali mereka dikunci, mereka terkunci. Mereka (karabiner) besar karena kelompok lain biner akan tercantol ke sini, menuntut banyak ruang.
Klipkan biner pada ujung daisy chain anda ke dua bagian luar dari karabiner-karabiner ini (B). sekarang Buat sebuah anchor tambahan - posisikan lebih tinggi daripada ‘titik kontak” tadi. - untuk mengerek /menahan dengan pulley (I). persiapkan tempat untuk melabuhkan haulbag (J) dengan " doking cord " ( sebuah daisy chin atau tali pendek dihubungkan ke haulbag) dan lebihkan titik unutk klip- in untuk lintasan hauling (K). Pastikan ujung tali hauling telah tersusun dan siap (L) untuk mengawali kembali untuk lintasan selanjutnya.tali panjat (bukan tali belaying) dengan simpul pangkal (clove hitch), dan klipkan ke karabiner yang berada di tengah barisan menggunakan sebuah karabiner cadangan (C). berteriak, " off belay/belay off! ".
Kemudian, cantolkan seutas tali prusik (cordelette) ke tiga karabiner screw untuk membuat anchor utama "titik kontak" (D). Gunakan sebuah karabiner screw untuk menghubungkan tali panjat disini dengan simpul pangkal (E). Ini mudah dilepaskan setelah ini dibebani oleh partner anda yang melakukan jugging (F) back-up dengan simpul figure-8-on-a-bight (G) membiarkan anda dengan tali ekstra (H). untuk rigged kembali dan turun untuk mengerek (hauling). Sekarang teriak, " Lead rope is fixed / tali panjat sudah dipasang ! "
Jika mungkin, tempatkan di pengaman pertama ini pada tahapan (pitch) selanjutnya, dan tambahkan ini pada jangkar (O). Peralatan ini menambah redundansi dan menjaga partner sebuah perjuangan kecil dan waktu - ia dapat dengan cepat dicantolkan kesini (P) ketika memulai tahapan berikut.

Tidak ada komentar: