Rabu, 01 Juli 2009

Menempatkan Stopper Hexentrix,

Penempatan alat sisip Hexentriks

Berikut adalah teknik untuk 'RP O' situasi, dimana lebih baik daripada tidak. Kita gunakan dari semua tiga teknik beberapa kali dan berhasil - hanya tidak mengharapkan mereka bekerja setiap saat.

Salah Satu Sisi Tertarik

Anda akan sering menemukan sendiri situasi dimana kamu berada pada celah (crack) yang sejajar tetapi tidak punya cam untuk ini, khususnya jika celahnya lebar. Satu teknik yang dapat bekerja menggunakan hex menyamping seperti kekuatan hanya berada di satu sisi, dan membuat sebuah aksi berubah jauh menjadi efektif kemudian biasanya tercapai. sesekali pasang alat sisip (nut) disertai sentakan kuat pada tempatnya, dan perpanjang ini. Kekuatan penempatan seperti itu tergantung berapa banyak logam berbenturan dengan batu, dan efek menyimpang apa akan terjadi pada logam.


Tri Cam Hexagonal

Teknik ini secara potensial kekuatannya sangat rendah, tetapi mungkin satu-satunya proteksi kamu yang dapat peroleh dalam beberapa keadaan (memperlakukan seperti baja mikro). Jika kamu menemukan crack sejajar itu tidak aman dengan metode di atas, kemudian coba ini: ambil alat sisip (nut) dengan sling dyneema , tekan tape/webbingnya berlawanan arah atas nut dan tempatkan ini sehingga sling memperlebar jarak dari sisi nut. Melakukan ini menciptakan cam seperti tri cam, seperti semua kekuatan akan menyebabkan nut berputar dan terkunci lebih ketat ke penempatan. Seperti metode di atas ini adalah penting mengunci nut lebih kencang dan memperlebar jaraknya. bahaya sangat nyata di teknik ini bahwa semua kekuatan besar akan menekan nut memotong webbingnya, dan teknik ini harus hanya digunakan bila kamu tidak bisa menemukan yang lain-lain.

THE FAT CRACK DOUBLE UP

Teknik lainnya dalam kategori 'RP" adalah menumpuk hexentrix besar bila anda menemukan crack yang lebar untuk ditempatkan hexentrix manapun. lakukan ini dengan menggunakan hexentrix terbesar dan cari yang sesuai dengan ini. dorong sejauh yang kamu bisa dan berharap tumpukan ini akan menjangkau crack. Pertama tempatkan dengan menarik sekerasnya satu hex (tidak keduanya), buat mereka memutar dan kunci bersama. badan alloy dari hex yang besar tidak dirancang untuk beban seperti ini, jadi jangan mengharapkan banyak kekuatan. variasi ini adalah tumpukan hex dengan nut standar, dan bekerja baik, bila kamu punya hex itu sedikit terlalu kecil.


Sepuluh Cara untuk meningkatkan Batas Keselamatan

Sebagaimana anda menuju ke tingkatan ekstrim anda akan segera menemukan sendiri berputar-putar disana, salah satu karena tidak ada peralatan atau karena satu-satunya peralatan pada jalur ditempuh terbatas. Dengan sendirinya, keluar dari situasi ini tidak begitu berbahaya, bagaimanapun juga orang bisa membayar banyak uang terbang angkasa tetapi di panjat bahaya datang bila hasil potensial dari jatuh yang keras ke bawah,>Saya cantumkan 10 ide yang mungkin membuat fall berkurang bahayanya.

1. THE 'RUNNING' BELAY

Belayer siapa yang dapat mempersempit bahkan sedikit slack mungkin dapat membuat perbedaan sangat besar pada kesempatan leader' bila mereka beresiko datang dengan suatu benturan keras di kebawah. Saya yakin setiap pemanjat tahu sedikitnya seseorang yang telah terjatuh dimana mereka luput dari bahaya berbenturan dengan tanah. Dalam kasus ini kamu dapat lihat bagaimana se-inchi salah satu jalan dapat membuat perbedaan berarti antara membentur dan membuat sekedar bodoh diri sendiri.

Teknik dasar memerlukan belayer mempersempit slack dengan pindah dari batu karang tinggi runcing segera setelah mereka tahu partnernya jatuh, berarti bahwa ini hanya berhasil dimana belayer tidak dekat dengan crack. ini hanya berguna pada single pitch route.

Hal paling utama mengingat-ingat jarak dari tanah pada runner pertama, sebagai ini punya kaitan langsung di jumlah tali belayer dapat mempersempit.

Sehingga hal penting sekali ingat bahwa runner pertama perlu diusahakan sedekat mungkin dengan tanah, sementara tidak mengurangi efektivitas belayer, yang biasanya berarti setinggi kepala. Runner tidak seharusnya biasanya ditempatkan setinggi ini, ini hal yang memborosan waktu. adalah bahwa sangat penting runner ditempatkan pas dimana keduanya tarik menarik ke atas dan ke bawah, karena jika tidak dilakukan mungkin anda mengantungkan semua peralatan terhubung pada runner tertinggi - tidak baik jika runner tertinggi kemudian terlepas. (ini adalah hal biasa dengan pemanjat baru, disebabkan mereka berdiri terlalu jauh sekali dari batu karang (crag)) jika tidak runner dapat ditemukan di ketinggian optimal kemudian anda mungkin membayangkan sebuah permukaan untuk belaying, atau membelay dari sisi yang lain.

mengatasi belaying seperti ini belayer harus memberi perhatian penuh pada leader , meyakinkan tali tidak pernah terlewat terlalu jauh, atau memegang sangat ketat untuk membatasi pergerakannya. Pada jalur-jalur alami ini kamu akan tahu dimana bahaya terbentang pada pitch dan komunikasi baik sangat penting diantara kedua pemanjat.

Ada garis baik diantara teriakan" aku jatuh" bila kamu merasakan sendiri terpeleset dan terlihat oleh belayer dan belayer terhentak ke atas utnuk, mengontrol jatuh. Oleh karena itu, bermanfaat sekali menyetujui kode/sinyal yang dipakai

jika kamu menggunakan tali tunggal kemudian alat belay otomatis (auto belay device) seperti Wild Country SRC atau Petzl Grigri adalah alat-alat sempurna untuk pekerjaan ini sebagaimana ini memberikan belayer mundur dengan sangat sedikit kesempatan dari mereka gagal mengendalikan tali dan jatuhnya leader. Bahaya teknik adalah jika kamu mempersempit slack seperti ini bila leader tidak sebenarnya akan jatuh jauh kemudian kamu meningkatkan impact force. Ada juga besar kemungkinan suatu ketika leader menyentuh ujung tali dan belayer mungkin mendapatkan sentakan balik ke atas tebing, sangat penting memakai helm, jika tidak belayer mungkin tewas atau salah satunya terluka.


2. THE DOUBLE BELAY

Adalah bukan luar biasa untuk sebuah team terdiri dari tiga orang pergi memanjat, artinya seseorang selalu tertinggal dengan tidak ada lakukan sesuatu sementara satu memanjat dan satunya membelay. dalam beberapa situasi, bila menggunakan tali ganda yang menjepit melalui suatu susunan gabungan runners (khususnya runners sesisi), ini mungkin bernilai mempunyai dua belayer, dengan masing-masing yang bertanggung-jawab [atas] satu rentangan pada tali ganda. ini berarti mereka dapat memberi perhatian penuh ke hanya satu rentangan tali, memberikan atau menerima slack seperlunya. bila melakukan ini adalah manfaat dua karabiner screwgate ke belay device anda menambah kekuatan memegang rentangan tali tunggal.

3. EXTRA SECURITY

Sepanjang lintasan kamu perlu yakin 100% bahwa to runner secara total. di situasi ini, dan jika mungkin, ini seharga mengeluarkan asuransi sebanyak mungkin. ini berarti tidak bersandar pada snapgate tunggal karena jika tali unclip sendiri (tidak luar biasa), atau karabiner patah(tidak mungkin dengan karabiner modern tetapi tidak pernah terdengar), kemudian jatuhnya leader membuktikan panjang jarak jatuh. ini berarti menggunakan screwgate sebagai penghubung utama kamu diantara tali dan runners, atau lebih baik dua snapgate dipasang bersilangan. juga tidak hanya bersandar pada runners tunggal jika kamu dapat lihat ada kemungkinan lebih; ini berarti dua cam di retakan horisontal atau tiga RP di lipatan kecil batu tebing daripada satu. Jika kamu tidak yakin kekuatan sebuah kemudian tempat sebanyak kamu dapat dan samakan semuanya; seluruhnya ke poin tunggal.

4. HEADPOINT PRO

Meskipun kenyataan sangat meragukan traditionalist (pemanjat tipe tradisional), banyak pemanjat yang mau memanjat jaur bolder , tetapi tanpa penuh faktor E, pertama tempatkan tope-rope, keduanya memaksimalkan kesempatan mereka dan ke membatasi bahaya orang yang bersangkutan. Meskipun tidak setuju, ini adalah salah satu [dari] keindahan rock-climbing, jika ini dirasakan cocok untuk anda - dan anda tidak ingin merusakkan tebing - lakukan. Jika kamu memperlakukan jalur sebagai latihan untuk hal nyata kemudian kamu dapat lanjutkan untuk headpoint dan tempatkan kembali runners kamu dengan top-rope, secara total kamu yakin di kemampuannya menghentikanmu, ditambah, itu memberikan kamu hal baik untuk diraih.

Pada suatu jalur mungkin sangat sulit mengatur proteksi sementara terbaik di akhir pemanjatan ada pada suatu sudut tajam tebing, memaksa anda terus daripada memperoleh keamanan RP atau cam mikro . Melakukan ini mungkin memberimu keyakinan memulai jalur, memberikan kamu lebih lemah lembut ke tingkatan berikut. ini, tentu saja merubah sebuah jalur bolder ke jalur sport yang menyolok dan meskipun mengurangi tingkatan, pemanjatan ini masih mencicipi akhir yang tajam dan menolong kamu mengasah batas keahlian pengamanan anda, sehingga sekali anda memanjat dari jalur dasar anda tahu apa yang harus diharapkan

5. LEARN ABOUT WHAT IMPACT FORCE MEANS TO YOU

Impact Force adalah penentuan kira-kira atau tak satupun sepotong alat memegang atau gagal. Jika kamu dapat menjaga Imfact force- jumlah maksimum kekuatan diterapkan kepada benda - di bawah kekuatan alat ini akan menahan. Pengertian bagaimana ini bekerja mungkin memberi anda berpikir alat 1kn atau alat 3kn menahan jatuh atau alat 1kn menahan jatuh alat 1kn yang terlepas . Hal paling utama mengerti bahwa itu energi harus tersalurkan tidak pernah tersalur dengan segera dan wajib dengan runners sebagaimana banyak bagian-bagian dari rantai belay mengambil setiap potongan kecil energi juga, ditambah ini membagi dari waktu ke waktu, mengurangi kekuatan. Tali, tenaga kamu, tubuh kamu, tebing, extender, harness belayer dan tubuh, semua menyerap sebagian dari keterkejutan (shock) ini , potongan terbesar terjadi pada alat yang dibawa jatuh. Inilah alasan kenapa Impact Force rendah penting pada tali, karena sebagaimana regangan ini diterapkan energi pada alat sangat lambat, menghamburan energi degan waktu lama. ini akan terpaku dan kemudian lebih merendah kala hentakan tertangani (kalau alat itu terlepas). Regangan tali yang lebih panjang ini membuang energi dan inilah alasan kenapa half rope (tali yang dipakai secara ganda), ebih meregang jauh daripada tali tunggal (single rope), sangat baik untuk free climbing karena mereka punya Impact force yang rendah.

Mengetahui ini dan menggunakan half rope bukan akhir cerita, satu hal yang ingat itu setiap sudut genting diantara jatuh dan belayer mengurangi kemampuan tali utuk memindahkan dan menegangkan, oleh karena itu, hanya memberikan persentase lebih kecil dari tali yang tersedia untuk menahan hentakan dan dengan demikian meningkatkan Impact Force. Jalan terbaik menghindari ini adalah memperlebar semua runners sejauh kemampuan anda sekalipun itu berarti menggunakan sling 60cm daripada sporty sling 10cm dan tali ideal ( harus tak secara langsung dan tak terputuskan dengan sudut dari belayer dan leader.

Satu cara lain mengurangi hentakan beban lebih jauh untuk menambah waktunya sistem anda harus menahan beban dengan menggunakan sling energi absorber yang didisain membagi beban, mengambil kejutan jatuhnya pemanjat. meskipun masih meluas melihat sebagai hal yang eksotis saya pikir mereka bernilai membawa di banyak jalan yang ditempuh tebal, khususnya yang meliputi mikro kawat dan sebuah kekuatan rendah lain

Akhirnya, tidak mengulangi jatuh pada alat yang buruk di ujung tali yang sama, sebagaimana tali akan kehilangan sebagian dari daya regangnya pada setiap jatuh.

6 DON'T FORGET THE SPOT

Ini sering dianggap oleh beberapa belayer yang suatu ketika leader telah terhubung dengannya, tidak perlu waspada sampai runners pertama diklip. Sesungguhnya, tugas belayer' menjaga leader seaman mungkin setelah leader tinggalkan tanah (bergerak naik)dan aturan yang tak disangsikan lagi ini yang membiarkan leader bergerak, tahu seseorang di bagian bawah siap mengunci tali dan mngecek jatuhnya. ini berarti sampai itu runners terklip, belayer harus memantau leader, sama [halnya] jika orang akan lakukan bouldering. ke arah bawah mereka dapat menangkap dan lebih tinggi mereka dapat mereduksi kekerasan jatuh dengan cekatan pemanjat mereka tidak tabrakan kearah berlawanan sekali mereka membentur tanah, yang tidak mungkin menghentikan patahnya mata kaki dari 20ft lebih, tetapi mungkin baik menyelamatkan tengkorak yang retak bila pemanjat berbenturan kearah berlawanan sekali saja mereka mengenai landasan.

Bila memantau dan memperkirakan berapa banyak tali diperlukan untuk menjangkau sampai runners dicapai, lebih dari semeter atu lebih , sehingga anda dapat memberi leader perhatian penuh sampai tali tercantol. ini mungkin bahkan efektif dengan menngencangkan simpul delapan di tali sehingga kamu tidak perlu berputar untuk membelay segera setelah leader dekat runners, sebagaimana ini dibuktikan sebagai saat paling berbahaya , seperti halnya mereka akan perlu memindahkan satu tangan untuk menempatkan atau mengklip karabiner.

7 CRASH LANDING

Dan ke titik bahaya potensial. setengah tebing yang berlinang air dan ini mungkin lapisan berharga sebagai landasan untuk mendarat dengan ransel anda yang membuat sangat baik dipakai sebagai alas sementara benturan jika berisi dengan pakaian dan gulungan ketat. jika anda punya bouldering mat di mobil bagaimanapun kemudian jangan bingung menggunakan ini jika ini meningkatkan batas aman anda , sebagai saya tahu cukup banyak dari pemanjat pincang yang ingin berharap mempunyai tatakan (mat) untuk memperlambat mereka jatuh kebawah.


8 BABY BOUNCING

Usahakan tidak terlalu fokus pada hampanya jalur yang anda lupakan untuk kesanggupan salah satu sisi runners. jika kamu dapat memanjat naik dan tempatkan sebuah sisi runners anda mungkin akan memperoleh sulitnya jalur, yang meskipun mengurangi tingkatan jalur ini masih dihitung sebagai ground-up ascent dan apa itu memanjat; membuat diri sendiri aman melalui penggunaan pikiranmu. bila baby bouncing anda mungkin menumbuhkan kekuatan luar biasa pada karabiner anda untuk meyakinkan mereka sekuat mungkin dan buat mereka terkunci jika kamu bisa.

9 ESCAPE ROUTE

Ini sering kali hinggap pada karir pemanjat ketika mereka menemukan diri mereka sendiri bisa melakukan tetapi tidak dapat membuat kemanjuan mencapai tingkat aman. Jika anda tidak dapat turun dan anda tidak mau, hanya melompat-melompat, kemudian anda hanya memilih di tolong. Di situasi ini kenyataan terbaik jika ada regu lainnya dekat dengan kamu melemparkan tope rope sehingga anda dapat membuat pergerakan yang aman. Bila lakukan ini anda harus meyakinkan diri berkomunikasi secara penuh dengan pemanjat tidak dikenal di atas dan bahkan kemudian memperlakukan tali yang diberikan sebagai hal yang meragukan maka lanjutkan menempatkan peralatan dan terus bergerak.

Jika anda menemukan diri kalian satu-satunya orang-orang pada crag (tebing terjal) kemudian satu-satunya pilihan membuat anchor yang kuat (pohon, tonjolan batu besar, runners) dan kaitkan tali ke anchor ini sehingga kamu dapat berlari menjelajah ke atas tanpa meninggalkan leader yang tak terbelay - unbelayed. jika kamu menggunakan sistem tali ganda kemudian kamu dapat menguraikan satu tali (tali yang paling sedikit runners-runners penting terkait) sehingga kamu dapat melewati babak ini dan membelay dari puncak. dengan tali tunggal yang bukan pilihan , artinya anda perlu berpikir dari kemungkinan ini dan membawa tali cadangan, yang mau tidak mau, atau anda harus memotong bagian tali yang ditinggalkan dan usahakan dan gunakan keterpaksaan ini , yang meskipun mahal sekali lebih baik daripada berdiri di sana menantikan penolong (rescuer) tiba.

10 ALWAYS WEAR A HELMET

Jangan memakai helm karena hanya karena anda cemas akan bebatuan yang jatuh. banyak orang tewas dalam terkait dengan kepala mereka berbenturan dengan sesuatu daripada sesuatu membentur kepala mereka dan di jalur yang ditempuh ada kemungkinan yang nyata dari melakukan kegiatan ini

Tidak ada komentar: