Selasa, 28 Juli 2009

Tech Tip - Wide-hands crack technique

By Tony Jewell

Ketika pertama kali saya belajar memanjat celah (crack), saya menyukai celah yang pas untuk tangan. Tetapi bila menjumpai lebih lebar sedikit - sekitar tiga inch - semangat saya tertahan, dan semua kekuatan saya tiba-tiba mengendur. Seperti halnya ketika saya melanjutkan masa belajar saya di Indian Creek, saya mulai membayangkan ukuran “cups" yang menyeramkan. Akhirnya saya berhasil, dan bahkan merasakan bangga, pada pemanjatan celah seukuran tangan.
Urutannya seperti ini: luncurkan tangan atas anda atas (jempol dibawah) dengan siku keluar, dan kemudian tekuk jari-jari dan putar, bawa siku bawah untuk menyusun jam anda. Sekarang luncurkan ke atas tangan bawah kamu (jempol di atas), sekitar 6- 12 inch dibawah tangan atas anda, tangkupkan (bentuk seperti cangkir), pelintir, dan kemudian pindahkan siku anda kebawah melintasi tubuh untuk menyesuaikan jam posisi bawah. Sekarang tentukan kaki yang mana bergerak naik ke atas - anda dapat berjalan dengan menyeret atau menyilangkan kaki - dan bawa lutut itu ke luar ke sisi (ini akan membantu mengeluarkan kaki dan menyesuaikannya pada orientasi uang benar untuk jam berikutnya). Pindahkan kaki ini ke atas dan tempatkan ke celah dengan jempol ke atas, kemudian putar lutut kamu jadi sejalan dengan celah untuk memasang lagi jamming anda. Ulangi dengan kaki lain, dan mulai terus seperti sebelumnya.
Lead hand. Secara umum, jika celah (crack) membelok ke kiri, anda mau mengawali dengan tangan kiri, dan sebaliknya. Pada suatu sudut, ini biasanya awalan terbaik dengan tangan dan lengan yang cocok ratanya sudut tebing (sebagai lawan sisi pojok yang punya tepi - lihat ilustrasi). Ini memperkenankan anda meletakkan kedua tangan ke celah secara keseluruhan diatas siku anda. Jika diperlukan, untuk keamanan maksimal. Anda catat makin banyak anda membenamkan tangan ke celah, makin banyak bagian atas tubuh akan berputar kepada sisi dari lengan lebih yang dibawah. Anda tak kan melihat secara langsung ke celah, tetapi itu tak apa-apa. Merasakan jam anda adalah hal terpenting.
Gearing up; Menghindari godaan untuk menempatkan peralatan setinggi titik yang dapat dicapai. Dapatkan jam yang sekuat mungkin dengan tangan atas, kemudian tempat peralatan beberapa inch dibawah jam anda atau sejajar pinggang, tergantung kepada bagaimana anda merasakan aman dan jumlah tali yang terseret. Sekali anda berhasil menempatkan alat pengaman, istirahat sedikit, dan bahkan menarik salah satu dari tangan anda ke luar dari celah untuk mengoyangkannya (melemaskan). Kemudian, saat bergerak melewati pengaman, waspada terhadap benturan atau mengganggunya dengan tangan lain atau kaki. Pada sebuah sudut tebing, yakinkan membawa semua peralatan di samping agar tidak bergesekan dengan dinding
Twister. Seperti kebanyakan pemanjat, saya menangkupkan/cupping (menekuk jari-jari tangan) tangan saya di celah yang lebar, tetapi ini sering tidak kuat dan menyakitkan. Saya akhirnya menyadari ini dengan lebih baik utuk mentangkup (cupping) dan melintirnya. Tangkupkan tangan anda dengan jari anda lurus, tip utama ke dalam celah. Kemudian pelintir tangan (searah jarum jam untuk tangan kanan, berlawanan arah jarum jam untuk tangan kiri anda, dengan mengabaikan apakah jempol ke atas atau kebawah pada celah). Bila melakukan inidengan benar, anda akan merasakan telapak tangan mendorong berlawanan di satu sisi celah, dan mungkir bagian belakang tangan (di bawah buku-buk jari) terhubung sisi lain dinding.Ini menciptakan efek tenaga putaran, yang, dengan pengamalan, dapat hampir merasakan seaman jam tangan yang nyaman.

Facing thumbs. Poin penting yang lain untuk menyesuaikan tangan anda sehingga jempol saling berhadapan,
tangan atas jempolnya ke bawah, tangan bawah jempolnya ke atas. Anda mau menyeret jam anda ke atas tanpa membawanya ke luar dari celah sehingga satu tangan selalu memimpin atas yang lain, daripada menarik tangan bawah keluar dan mewati tangan yang di atas. Ini sangat meningkatkan keamanan, sebagaimana anda meletakkan keduanya di celah. Sedalam mana anda menempatkan tangan tergantung pada perasaan (lihat-lihat kontruksi yang berguna atau pocket di dalam celah), tetapi biasanya, menempatkan lengan bawah lebih dari separuhnya masuk adalah baik
.

Tidak ada komentar: