Jumat, 10 Juli 2009

Tehnik dan Tips - Managing ropes and packs

Tech Tip - Alpine - Hauling sense

by Matt Samet



Pada jalur di Alpen, dimana kamu memerlukan pakaian ekstra dan makanan yang cukup, tetapi tidak bisa dibebankan pada pendaki dengan ransel yang berat, ada solusi mudah sekalipun memakan waktu: hauling. dengan ini, akan tetapi, akan timbul kekacauan ekstra pada jalur hauling dan ransel setiap belaying. Saya tidak bisa menentukan berapa banyak jalur haul saya menjadi berantakan pada jalur utama. menyebabkan kegagalan tak ada akhirnya dan mengatur ulang dimana saya seharusnya telah memanjat. Tetapi saya akhirnya telah belajar, proses pelurusan ransel-hauling dan mengatur belay yang rapi akan membantu anda menyimpan menit-menit berharga, bahkan jam. Dibawah ini beberapa jalan keluar tentang hal tersebut;

Gunakan satu atau dua tibloc. Saat sibuk, saling berganti tangan menarik hauling, dipilih cara tercepat mendekatkan ransel sampai posisi belaying, kamu dapat istirahat diantara tarikan dengan mengeser tali yang melalui karabiner yang terhubung dengan petzl tibloc. tibloc ascender itu membiarkan tali bergerak dengan lembut pada satu arah, sementara ascender lain sangat kuat. Melengkapi sebuah pulley dengan menjalankan tali melalui biner dan tibloc (dilengkapi dengan gambar arah tarikan) tinggi pada anchor. sekarang kamu dapat melepaskan tali hauling kapan saja anda ingin, tanpa takut menjatuhkan ransel dengan achor yang terbebani akibat jatuh yang bebas.
Jika kamu mau menyimpan kekuatan lengan anda untuk memanjat, anda dapat membiarkan kaki kamu gunakan untuk menarik dengan menggunakan Tibloc lainnya. secara sederhana kaitkan yang tibloc kedua ke kamu sisi tali hauling anda dengan sling, kemudian tinjak sling utnuk menarik tali melalui carabiner pada pulley. sementara tibloc pertama terbebani, anda dapat selipkan tibloc yang kedua dan sling untuk mem-backup tali, dan ulangi. teknik ini tak sebagaimana cepat hauling dengan tangan, tetapi lebih berat packingan, ini lebih banyak berguna.

Kuasai tali anda. meninggalkan alat bekerja sendiri, tali akan bersilangan, terhimpit, dan kusut pada belay. Hindarkan putaran yang sibuk atau gulungan yang sudah tidak berguna lagi dengan menggunakan sling ke tumpukan tali anda. Pisahkan sling untuk kamu memanjat dan hauling, dan gulungan setiap tali dengan butterfly-style setelah melewati jalur hauling, gulung memutari lengan anda. Jangan pernah berpikir menarik tali panjat sampai ransel anda terkait ke anchor dan tali belum tertata rapi. Kamu dapat menyiapkan pemanjatabn dan tali hauling dari saling silang dengan menjaga mereka terpisah dari sis jangkar.


Sebelum menarik, buat burrito. jika kamu dipaksa membawa dua ransel peralatan pada jalur pemanjatan, gabungkan mereka jadi satu sebelum kamu memulai. Ransel kosong dapat ringkaskan ke gulungan kecil dan ditempatkan ke bagian bawah ransel lainnya, mengurangi seretan proses hauling dan membagi dua resiko anda merobek sebuah ransel dibawah roof.


Packing secara adil. Packing yang buruk merupakan penyebab lain belaying yang semrawut. Hindari kerjaan tak perlu. simpan barang yang digunakan di atas seperti makanan,topi, dan sarung tangan di kantong bagian atas ransel, dan letakkan air dan jaket hujan ada di kantong utama bagian atas ransel. Sebagaimana saya belajar saat rapellling dengan hujan yang deras selama usaha saya di Diamond (nama tebing) musim panas lalu, bagian bawah ransel mungkin yang terburuk menyimpan perlengkapan hujan anda

1 komentar:

Locker Alfonso mengatakan...

mAKIN mANTAP AJA bLOGNYA aBANG,,,