Selasa, 10 November 2009

Basic Rock Climbing Tehnique

TYING-IN
Ikatan. Adalah tehnik panjat tebing yang pent
ing. Jika kamu sedang memimpin pemanjatan (leading) atau mengamankan pemanjat (bealying), anda akan selalu perlu terhubung. Anda ingin ikuti spesifikasi harness anda. The figure eight follow through adalah simpul paling umum digunakan sebagai simpul penghubung. Bila anda terhubung, anda membuat sebuah loop belay, yang akan digunakan dengan alat belaying (belay device). Bila anda telah terhubung, anda mengaitkan diri anda sendiri pada tali. Anda butuh perhatian besar untuk memastikan bahwa simpul anda diikat semestinya dan aman.

BELAYING
Pada panjat tebing, belaying adalah tehnik yang digunakan untuk mengontrol tali sehingga pemanjat yang jatuh akan tidak jatuh sangat jauh dan akan tertahan oleh tali. Belayer adalah orang yang mengatur tali pagar saat pemanjat dinding atau tebing. Belayer melewatkan tali melalui belay device, yang memberikan alur tali dengan bebas sementara pemanjat naik ke atas. Saat pemanjat jatuh, belay device akan mengunci tali utnuk menahan proses jatuh.
Tehnik belaying yang tepat memastikan keselamatan pemanjat, khususnya leader yang membuka jalur. Jika pemanjat ke jatuh, belayer akan dapat menahan seluruh berat pemanjat dan membantu menurunkan mereka ke titik dimana mereka mungkin melanjutkan pemanjatan.

ABSELLING
Abseiling juga dikenal sebagai rappelling. Teknik ini sangat berbahaya dan banyak orang terluka saat melakukan abseiling. Terjepit tali, kegagalan peralatan, tali putus karena batuan dan tepian tajam, sebaik kecelakaan lain telah terjadi. semua pertimbangan keamanan harus di buat, meskipun ini bukan bermaksud sesuatu selalu akan tidak terjadi.
Pastikan bahwa perlatan anda aman dan punya back-up anchor point jika mungkin. Abseiling harusnya hanya dilakukan dibawah pengawasan pelatih panjat Pastikan punya tali yang dibutuhkan, descender, belay device, carabiner, harness, helm dan anchor. Sebagian orang juga memilih memakai sarung tangan, pengaman lutut dan pengaman siku
.

LEADING

Pada pemanjatan multi-pitch, leader bertanggung jawab untuk memimpin pemanjatan. Untuk pemanjat baru, menjadi pemimpin agak menggembirakan. Pemimpin bertanggung jawab untuk menempatkan pengaman untuk pemanjat berikutnya. pemimpin harus selalu tenang dan pemimpin akan berusaha menempatkan pengaman jika dibutuhkan. Pemimpin akan mau menghindari tarik - menarik tali sebanyak mungkin dengan menempatkan pengaman dengan tepat.
Leading dapat juga mengacu pada sport climbing dan dalam pengertiannnya ini lebih sederhana.
Leader orang adalah orang yang sedang memanjat di jalur sport . mereka akan menempatkan pengaman pada bolt yang terpasang tetap yang terletak pada jalur. sekali pemanjatan diselesaikan, pemimpin dapat diurunkan kebawah atau mereka dapat rappel meng-clean peralatan saat mereka turun ke bawah.
Jika mereka hanya diturunkan kebawah, anda harus punya susunan tali di puncak (top rope) atau anda dapat menarik tali memberikan pemanjat berikut memimpin pemanjatan.

Tidak ada komentar: