Rabu, 11 November 2009

DON’T TOP-ROPE TROUGH BOLT ANCHOR

Jangan tope-rope langsung melewati bolt anchor
Jalur sport merupakan jalur pemanjatan sederhana yang diamankan dengan penempatan dan permanent bolt yang dilengkapi dengan hanger untuk mencantolkan sebuah karabiner. Bolt, dibor lalu ditancapkan dengan palu tebing ke permukaan tebing, ditempatkan sepanjang jalur mencegah anda terbentur tanah atau terluka jika anda jatuh. Jalur biasanya berakhir pada dua bolt-anchor dengan salah satu menggunakan ring atau rantai yang kuat untuk turun kembali ke tanah.
Anda tidak mau tali anda melalui bolthanger, ring baw
ah, atau rantai dan kemudian membuat top-rope pada peralatan itu. Lakukan ini hanya jika anda turun atau rappelling dari jalur. Laju konstan tali melalui logam mengikisnya dikit demi sedikit, menuntut seseorang menggantikan peralatan ini di masa datang. dan penggantiannya juga tidak murah. Biaya menggantikan sepasang fixe ring penghubung ke hanger lebih dari 25 US dollar, sementara biaya menggantikan rantai (forged chain), yang lebih kuat dari rantai cetakan, tidak sangat sedikit.

Banyak pemanjat juga menggunakan top-rope melewati anchor karena mereka terlalu malas melepas kembali dan menyediakan anchor yang baik dan turun setelah orang berikutnya di pemanjatan top-rope mereka naik. Jangan malas, perhatianlah. Susun top-rope anda pada bolt dengan sepasang quickdraw atau sepasang sling webbing dan lock carabiner. Jalankan tali anda melalui peralatan milik mu dan jaga pemakaian dan lajunya pada anchor.

Alasan lainnya tidak memakai sistem top-rope melalui anchor bolt karena kebanyakn bolt ditempatkan berurutan. Bila tali anda dijalankan melalui kedua anchor-bolt, seperti foto di atas, pada intinya anda menambah berat beban pada masing-masing anchor dan melemahkan sistem penambatan anda. Adalah lebih baik dan aman menggunakan sepasang quickdraw atau sling untuk memperluas titik cantolan utama lebih rendah dan distribusikan beban bahkan pada kedua bolt.

Ini tatacara memanjat yang buruk pada menggunakan sistem top-rope, dimana tali panjat melewati ring bawah dan chain. Banyak pemanjat melakukannya secara sederhana karena mereka tidak tahu yang lebih baik. Sekarang anda – jangan lakukan seperti itu

Tidak ada komentar: