Kamis, 19 November 2009

Pengaman Sisip

Stopper, cam, dan alat lain merupakan jenis pengaman yang disisipkan pada celah yang dapat ditempatkan dan diambil kembali tanpa kerusakan yang signifikan pada lingkungan, merupakan rujukan sebagai pengaman yang bersih. Peralatan ini biasanya diambil kembali setelah digunakan.

Wedging Devices
Stopper merupakan contoh alat utama berbentuk baji. Sebagaimana banyak kekuatan diterapkan wedging aksi meningkat dan, jika batu cukup kuat menahan penggandaan kekuatan, lebih ketatkan stopper. Stopper paling modern mempunyai daya lentur menjadi lebih serbaguna pada penempatan dan ditanam pada alat sisip lain yang menambah kekuatan menahan.

Stopper biasanya dirangkai dengan kawat baja (wire) memperkecil penempatan dan memaksimalkan kekuatan. Mereka paling bermanfaat dengan dari yang kecil ke ukuran sedang (<>

Karena mereka sederhana, relatif cepat, dan agak lebih mudah ditaksir daripada pengaman tipe lain, stopper cendreung menjadi sepotong peralatan yang universal yang membantu pemanjatan dimana saja.

Camming Device
Camming device didisain dengan poros penyeimbang. Bila ditempatkan dengan tepat, mereka bertukar dari permukaan lebih kecil ke lebih besar. Ini menyebabkan alat disispkan lebih ketat sebagai penerapan peningkatan kekuatan. Cam sering juga digunakan sebagaimana baji (wedges) dalam beberapa orientasi.
Hexentric lebih stabil dan lebih mudah ditempatkan daripada tipe lain, khususnya ini kooperatif dengan titik kecil kontak. Bubungnya (cam), terbaik dirangkai dengan tali atau webbing untuk memaksimalkan daya kerja camming dan mengurangi kesempatan alat ini bergeser posisinya oleh pergerakan tali. mereka paling bermanfaat untuk ukuran sedang ke ukuran besar (40 mm ke atas) dimana daya kerja camming lebih nyata daripada ukuran lebih kecil,

Kemudahan dan relatif mudah disesuaikan membuat camming device bagian berguna bagi rangkain peralatan. Cam sering lebih efektif daripada unit spring-loaded lain pada penempatan horisontal dimana sling bergerak dan bergeser-geser di atas tepi celah.



Spring-loaded Camming Devices (SLCD)

Ketika terbebani, pergesekan diantara cam SLCD dan dan tebing menyebabkan cam berputar ke poros lebih besar jadi menjaga alat pada tempatnya sebagaimana kekuatan diterapkan. Karena alat awalnya tertahan pada tempatnya dengan menekan pegas sebuah rasa salah dari pengamanan dapat dicapai, bahkan sejak penempatan marjinal tercipta dengan cepat dan secara mudah dan bisa tetap dalam posisinya dengan mengabaikan kualitas penempatan. Gunakan dengan tepat, SLCD berpotensi menyediakan pengaman yang baik di celah yang sejajar, celah yang menjalar (overhang), dan situasi lain dimana proteksi jenis lain sulit atau tak mungkin. Sebagai tambahan, variasi ukuran membuat mereka serbaguna: ukuran terbawah akan pas pada banyak penempatan. SLCD dibuat dengan tiga atau empat cam dan dengan gagang fleksibel atau kaku

Threecam biasanya paling bermanfaat dengan ukuran lebih yang sesuai dengan celah yang tipis atau dangkal. Sementara semua cam mekanis secara relatif tidak stabil, misalnya; mereka secara mudah bergerak atau lepas dari posisinya, threecam malah lebih dari itu, memerlukan penempatan yang hati-hati dan sebuah keputusan tinggi dalam menentukan daya kerja mereka.

Semua hampir serupa, unit empat cam lebih stabil dan secara struktur lebih kuat dari dari tiga cam. Semua hampir sama, SLCD dengan batang kaku lebih stabil bila beban diterapkan daripada
yang bergagang fleksibel.


Semua SLD paling kuat bila ditempatkan dengan bubung(cam)nya mendekati pertengahan jarak ekspansi mereka dan ketika semua cam melebar rata.
Seiring perkembangan peralatan panjat, pengaman sisip juga berkembang dengan penemuan inovasi baru sebuah SLCD yang disebut ball nut.

Kekuatan menahan SLCD berkompromi pada celah yang kotor, tertutup salju, atau membeku karena kemampuan cam menahan merupakan kepatutannya mengurangi pergesekan.
Membandingkannya ke alat yang lebih mudah, SLCD secara relatif sulit ditaksir dan dapat sangat sulit dipindahkan jika mereka bergeser atau akan copot, bahkan tanpa adanya beban.
Kendati ruwetnya mereka, SLCD telah menjadi terkenal, akan tetapi, mempelajari kemampuan mereka dan batas kehati-hatian dan secara penuh mengerti menggunakannya dan mennerapkannnya sebelum tergantung pada sebagai item utama dari perlengkapan.

Beberapa posisi penempatan pengaman sisip yang benar;




Tidak ada komentar: