Kamis, 12 November 2009

Memilih Seat Harness

Sebuah harness panjat merupakan sebuah dari peralatan panjat pribadi. Harness anda, dengan sabuk pinggang (waist belt) dan lingkar paha (leg loop) dibuat dari anyaman nilon yang kuat, merupakan penghubung diri ke tali panjat dengan mengikat tali ke harness dengan simpul figure-8 follow-through (buka artikel Simpul-simpul). Waist belt pada harness diletakkan pada pinggang dan, bila digabungkan dengan leg loop yang serasi, memindahkan energi dan kekuatan jatuh pada pinggul anda. Harness juga membentuk dudukan yang nyaman untuk diturunkan dan rappelling dari tebing.

Perkembangan Harness
Harness dirancang untuk daya tahan, aman, dan nyaman untuk memanjat. Sebelum ditemukan harness, pemanjat mengikat tali secara langsung mengelilingi pinggang mereka, menggunakan simpul bowline-on-a-coil, yang menciptakan kekurangnyamanan jika pemanjat terjatuh atau bergantung pada tali. Ini kadang-kadang menyebabkan patahnya tulang rusuk, atau, dalam beberapa hal, sebuah tali ketat mengelilingi pinggang pemanjat mengarahkan ke mati lemas bila tali dipererat sekitar diafragma (antar dada dan perut) dan pemanjat tidak sanggup bernafas.
Pemanjat kemudian mulai membuat "swiss seat" dengan tubular webbing yang panjang, mengikat paha, dan bungkus yang bagian webbing yang tersisa mengelilingi pinggang mereka dan kemudian mengikat tali padanya. Harness dasar ini yang saya pertama gunakan sebagai pemanjat pemula di
tahun 1960 dan masih digunakan oleh program outdoor seperti outbound. Pada 1970, Swiss seat mengeawali perkembangan harness modern masa kini. Salah satu harness komersil pertama yang dibuat, dan pertama kali saya miliki didisain dan jual oleh pemanjat dari Colorado, Bill Forest. ini mengutamakan waist belt selabar 3 inch. Apa yang pemanjat sebut "swami belts”, itu dapat digunakan sendirian atau dengan tanpa leg loops, yang dibuat mirip model seat harness masa kini. Harness terkenal lainnya adalah Whillan Harness dari Trol, Inggris, yang didisain oleh pemanjat terkenal, Don Whillan.

Harness terbaik untuk anda.
Ada banyak harness tersedia. Sampai 2008, hampir 150 harness tersedia dari 25 produsen. Jika anda bermaksud lakukan pemanjatan, kemudian anda akan bijaksana membeli satu harness untuk anda daripada menyewa atau pinjam. Harness dapat dibeli sebagai bagian dari paket pemanjat pemula, bersama-sama dengan sepatu climbing dan chalk bag. Harness climbing terbaik merupakan satu yang sesuai dengan kenyamanan anda, mudah dipakai dan dilepaskan, dan sesuai dengan jenis pemanjatan yang anda lakukan, latihan indoor climbing, sport climbing, big wall climbing, atau mendaki gunung. Harness anda merupakan mata rantai keselamatan, kunci perlengkapan yang menghubungkan anda dengan tali panjat anda, yang diikat ke harness. Sebuah harness yang baik menjaga anda aman dan memberikan anda kenyamanan secara relatif. Cara alternatif yang kuno yaitu mengikat tali secara langsung mengelilingi pinggang anda, pasti sangat tidak nyaman.

Tidak ada komentar: