Minggu, 08 November 2009

Gunakan Quickdraw pada Anchor Sport Climbing

Selalu gunakan quickdraw pada anchor untuk sport climbing untuk menyusun top-rope. Anchor-anchor yang anda temukan pada jalur sport hampir selalu ada dua bolt, biasanya ring baja atau quick link untuk meloloskan tali anda.


Setelah memanjat pada sebuah jalur sport, anda bisa menyediakan top-rope untuk putaran berikutnya untuk teman-teman anda yang akan memanjat. Cara terbaik dan teraman menempatkan sebuah top-rope dari achor sport climbing adalah mencatolkan sepasang quickdraw ke bolthanger dan masukkan tali anda pada karabiner bawah (seperti pada gambar).

Ketika anda telah sampai pada tambatan (anchor) setelah memimpin pemanjatan pada jalur, cantolkan quickdraw ke masing-masing bolt dan kemudian cantolkan tali anda melalui karabiner terbawah. Pastikan gate karabiner berlawanan arah, sehingga keduanya tidak mudah membuka begitu saja. Teraman menggunakan sedikitnya satu quickdraw dengan karabiner-kunci untuk jalur tali. Jika kedua karabiner bawah merupakan jenis auto-locking, anda punya banyak kelebihan sebaik banyaknya pengamanan. Juga cek karabiner untuk memastikan mereka tidak mempunyai banyak pemakaian pada pemanjatan top-rope sebelumnya.

Pemanjat yang malas menjalankan talinya secara langsung melalui bolt-hanger atau cincin baja, yang sangat menurunkan umur peralatan. Ingatlah bahwa seseorang akhirnya akan harus menggantikan peralatan tersebut, umumnya berharga cukup mahal. Selalu gunakan peralatan milik anda seperti quickdraw atau carabiner dan sling untuk melengkapi sistem top-rope pada pemanjatan sport dan jadilah pemanjat yang bertanggung jawab.

Tidak ada komentar: